BolaSkor.com - Penyerang anyar Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland, terus menghadirkan sensasi di awal 2020 pasca pindah dari RB Salzburg di bursa transfer musim dingin. Haaland, 19 tahun, tak berhenti mencetak gol di Bundesliga.

Teranyar, Haaland kembali mencetak dua gol ketika Borussia Dortmund menang telak 5-0 atas Union Berlin di pekan 20 Bundesliga yang berlangsung di Signal Iduna Park, Sabtu (01/02) malam WIB. Tiga gol lainnya dicetak Jadon Sancho (13'), Marco Reus (68' - penalti), dan Axel Witsel (70').

Dua gol tambahan itu mengartikan Haaland telah mencetak total tujuh gol di Bundesliga sejak datang dari Salzburg pada Januari lalu. Rinciannya, hat-trick gol melawan Augsburg (5-3) dan dua gol kontra FC Koln (5-1). Dortmund mencetak 15 gol dalam kurun waktu tiga laga.

Putra dari mantan pemain Manchester City, Alf-Inge Haaland, itu mencetak tujuh gol dari total delapan tendangan dan dalam kurun waktu 136 menit penampilan. Angka yang fantastis untuk pemain yang belum genap berusia 20 tahun.

Baca Juga:

Tampil Belum Satu Jam di Bundesliga, Erling Haaland Sudah Cetak 5 Gol

Man United 0-0 Wolves: Debut Bruno Fernandes Berakhir Hambar di 'Derby Portugal'

Alasan Odion Ighalo Menjadi Pilihan Paling Tepat Manchester United di Ujung Jendela Transfer

Erling Braut Haaland

"Dia (Haaland) punya sentuhan bola hebat dan saya harap dia terus melanjutkannya," ucap rekan setim Haaland, Julian Brandt, dilansir dari Bild.

"Gol itu merupakan kombinasi yang sangat spesial dari kekuatan fisik, naluri mencetak gol, dan kecepatan yang luar biasa," tambah Michael Zorc, Direktur Olahraga Dortmund.

Ironisnya, menurut catatan dari Squawka, ketika Haaland mencetak tujuh gol untuk Dortmund di liga, Manchester United justru hanya mencetak empat gol di liga sejak berganti tahun. Bukan rahasia umum lagi jika Man United sebelumnya dikaitkan dan mengincar Haaland - sebelum pergi ke Dortmund.

Man United gagal merekrut Haaland, Mario Mandzukic, di bursa transfer musim dingin hingga pada akhirnya meminjam eks striker Watford, Odion Ighalo, dari Shanghai Greenland Shenhua tanpa opsi beli dan dipinjam selama enam bulan.

Sejak berganti tahun menjadi 2020 Man United hanya bisa menorehkan empat gol di Premier League dari kemenangan 4-0 atas Norwich City pada 11 Januari lalu. Sisanya, United kalah dari Arsenal (0-2), Liverpool (0-2), Burnley (0-2), dan imbang melawan Wolverhampton Wanderers (0-0).

Ole Gunnar Solskjaer, manajer Manchester United

Manchester United memperlihatkan kesulitan mereka mencetak gol setelah Marcus Rashford cedera, sementara Mason Greenwood dan Anthony Martial tidak mampu menjawab ekspektasi. Di waktu bersamaan, Haaland memperlihatkan satu sisi kekurangan Setan Merah arahan Ole Gunnar Solskjaer.