Gol Son Heung-min Terlihat Offside, Mengapa VAR Tak Anulir?

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 17 Desember 2020
Gol Son Heung-min Terlihat Offside, Mengapa VAR Tak Anulir?
Polemik gol Son Heung-min ke gawang Liverpool. (Twitter)

BolaSkor.com - Sebuah kontroversi mewarnai duel Liverpool kontra Tottenham Hotspur dalam lanjutan Premier League 2020-2021 di Anfield, Kamis (17/12) dini hari WIB. Hal yang dimaksud adalah disahkannya gol Son heung-min meski berbau offside.

Liverpool mendominasi penuh jalannya pertandingan. Mohamed Salah kemudian membawa The Reds memimpin lewat golnya pada menit ke-26.

Gol tersebut membuat Liverpool di atas angin. Sayang, barisan pertahanan mereka sempat lengah pada menit ke-33 saat umpan terobosan Giovani Lo Celso mampu diterima Son Heung-min di sisi kiri yang tak terkawal.

Baca Juga:

Liverpool 2-1 Tottenham: Firmino Hentikan Rekor Tak Terkalahkan The Lilywhites

Nostalgia - Mengenang Kongkalikong Manchester United dan Liverpool dalam Skandal Judi

Liverpool Tantang Tottenham, Klopp Waspadai Taktik Pragmatis Mourinho

Son Heung-min

Son kemudian berlari ke kotak penalti Liverpool dan menaklukkan Alisson Becker dari jarak dekat. Tottenham pun sukses menyamakan kedudukan.

Namun dari tayangan ulang, posisi Son terlihat sedikit di depan Rhys Williams yang menjadi orang terakhir di daerah pertahanan Liverpool selain kiper.

Meski sangat tipis, tapi terlihat satu kaki Son sedikit berada di posisi offside. Anthony Taylor selaku wasit yang bertugas kemudian berkomunikasi dengan petugas VAR untuk mengecek momen tersebut.

Namun tanpa mengecek layar, Taylor tetap mengesahkan gol Son. Hal ini membuat banyak pihak mengernyitkan dahi.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp bahkan tak habis pikir dengan keputusan wasit. Ia menilai Son sangat jelas terlihat offside.

"Bagi saya, itu offside (gol Spurs). Mereka menontonnya 20 kali, tetapi ketika saya melihatnya, itu offside," kata Klopp usai laga kepada BBC.

Momen tersebut sangat mirip dengan insiden yang melibatkan Sadio Mane pada pertandingan kontra Everton, Oktober silam. Saat itu winger berkebangsaan Senegal tersebut dinyatakan offside sebelum memberikan assist kepada Jordan Henderson meski dari tayangan ulang masih bisa diperdebatkan.

Polemik offside Sadio Mane kontra Everton.

Bedanya, keputusan offside Mane saat itu diperiksa wasit dengan waktu yang cukup lama dan sangat teliti. Langkah serupa tak terlihat untuk gol Son.

Hal ini tentu kian menambah daftar panjang hubungan buruk Liverpool dengan VAR. Merseyside Merah memang menjadi tim yang paling banyak dirugikan dari penggunaan teknologi tersebut sepanjang musim ini.

Tak mau polemik ini melebar, badan pengawas wasit Premier League (PGMOL) langsung mengeluarkan pernyataan resmi. Mereka menjelaskan pengesahan gol Son adalah keputusan yang tepat.

"Pada menit ke-33 dari laga Liverpool vs Spurs, Son Heung-min mencetak gol untuk Spurs. Gol tersebut telah diperiksa untuk kemungkinan offside oleh VAR," bunyi pernyataan resmi PGMOL.

"Garis yang dikalibrasi diambil dari titik terdepan bek Liverpool, Rhys William yaitu kaki kirinya yang menunjukkan bahwa Son berada di belakangnya saat bola dimainkan."

"Karena kaki kedua pemain adalah titik terjauh ke depan dan menginjak tanah, garis silang 3D tidak diperlukan," tutup pernyataan tersebut.

Son heung-min Liverpool Tottenham Hotspur Premier League VAR Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan