BolaSkor.com - Panggung sepak bola dunia kehilangan seorang aktor. Gordon Banks wafat pada usia 81 tahun. Sang legenda akhirnya meninggalkan kefanaan dunia setelah berjuang melawan penyakit kanker ginjal yang dia derita sejak 2015.

Sepak bola Inggris kehilangan seorang juara dunia. Sepak bola dunia ditinggal seorang legenda yang namanya akan selalu ada dalam buku sejarah. Nama yang akan selalu muncul tiap kali seorang kiper melakukan penyelamatan gemilang.

Banks dikenang sebagai bagian dari tim nasional Inggris yang menjadi juara Piala Dunia 1966. Banks dikenal sebagai kiper yang menggagalkan peluang 99 persen gol Pele pada Piala Dunia 1970.

Gordon Banks

Ya, hingga detik ini, apa yang dilakukan Banks untuk menghalau bola tandukan Pele, masih disebut sebagai penyelamatan terbaik sepanjang masa. Bagi yang dekat dengannya, Banks adalah dedikasi. Apa yang diperbuatnya adalah buah dari kerja kerasnya. Apapun aral yang melintangi, tak membuatnya berhenti.

Meski begitu, mantan kiper Inggris, Leicester dan Stoke itu selalu merendah dan bahkan mencela dirinya sendiri ketika orang berbicara bagaimana dia menggagalkan Pele lewat penyelamatan yang banyak menyebut menentang gravitasi itu.

Piala Dunia 1970 berlangsung di Meksiko. Inggris datang dengan predikat juara bertahan. Pada 7 Juni 1970, di tengah panasnya Guadalajara, Inggris berhadapan dengan Brasil pada laga grup 3. Brasil datang bersama Pele yang kala itu sedang dalam performa puncak.

Tak sedikit yang menyebut laga itu sebagai final yang kepagian. Kedua kubu berjanji tampil total demi meraih kemenangan yang akan menentukan langkah selanjutnya.

Dan, keajaiban itu terjadi saat laga berjalan 10 menit. Dari sisi kiri pertahanan Inggris dan melewati bek kiri Inggris, Terry Cooper, sayap lincah Brasil, Jairzinho mengirim umpan silang ke tiang jauh. Di sana sudah berdiri bebas Pele.

Dengan sigap dan yakin Pele melompat, menanduk, dan mengarahkan bola ke arah sudut kanan gawang bawah yang dijaga Banks. Semua orang sudah yakin bola akan masuk ke dalam gawang.

Posisi Banks nyaris mustahil untuk menjangkau tandukan Pele karena bola sebelumnya telah menyetuh tanah terlebih dahulu. Namun, tanpa disangka, Banks masih mampu meraih dan mengubah arah bola.

Gordon Banks - Pele
Gordon Banks dan Pele (LCFC)

Bola tiba-tiba melejit terbang tinggi melewati mistar gawang. Semua orang yang menyaksikan peristiwa itu terpaku.

Memang, Inggris pada akhirnya kalah pada laga itu. Brasil mengalahkan Inggris berkat gol yang dibuat Jairzinho pada menit 59. Namun, tak ada yang membicarakan hasil laga. Semua membicarakan aksi heroik Banks, tak terkecuali Pele.

"Saya beberapa kali bertemu dengan Pele sejak hari itu. Dia selalu membicarakan penyelamatan itu dan memberi pelukan hangat," ujar Banks.

Mendapat hujan pujian, Banks malah menyebut aksinya itu sebagai keberuntungan belaka. Dia juga punya pendapat sendiri tentang penyelamatannya itu. "Mereka tidak akan mengingat saya sebagai pemenang Piala Dunia. Yang diingat orang adalah penyelamatan itu."

Belakangan, Banks akhirnya bercerita mengapa dia melakukan penyelamatan dengan mengarahkan bola ke atas mistar yang terbilang tidak lazim saat menghadapi bola yang mengarah ke pojok bawah.

"Ketika sesi latihan di Meksiko, saya perhatikan ketika jatuh di depan saya, bola itu memantul tinggi, tidak tetap rendah seperti di Inggris," kata Banks dalam sebuah wawancara di situs Football Writers Association (FWA), Januari 2018.

“Saya menyempatkan diri melakukan latihan tambahan menerima tembakan untuk membiasakan diri dengan bola dan itu membantu saya."

"Pele berada di sekitar titik penalti ketika umpan dilepaskan dari sayap. Saya tahu dia akan melompat, karena dia bisa melompat sangat tinggi. Saya tahu harus keluar untuk mempersempit sudut. Begitu Pele menyundul ke arah kanan saya, saya tahu harus melompat ke sana dengan sangat cepat," kenang Banks.

“Bola mengarah masuk dan pas saya melompat saya mengantisipasi tinggi pantulan bola dari permukaan yang keras. Saya benar, bola mengenai bagian atas tangan saya dan melejit...tapi jujur, saya pikir itu gol. Lalu saya bangkit melihat bola memantul di belakang gawang. Saya berpikir dalam hati, Banks oh, Banksy, kau benar-benar beruntung."

Pada saat itu, Banks menyadari betapa pentingnya kejadian dalam hitungan detik tersebut. Dia tidak mengira kejadian itu tercetak dalam memori semua orang yang menyaksikan.