BolaSkor.com – Hasil positif mampu diraih Fernando Alonso di GP Arab Saudi, Senin (20/3) dini hari. Pembalap Aston Martin itu berhasil mempertahankan konsistensinya dengan merebut podium ketiga. Dia finis di belakang Max Verstapen dan sang juara Sergio Perez. Ini merupakan podium ke-100 Alonso.

Namun Alonso hampir saja kehilangan podiumnya. Pasalnya pembalap berusia 41 tahun ini sempat dijatuhi hukuman penalti sebanyak dua kali.

Imbas keputusan itu, Alonso harus turun ke posisi keempat. Sedangkan George Russell yang finish di posisi keempat sempat menggantikan Alonso di podium ketiga.

Namun Aston Martin akhirnya mengajukan banding kepada FIA. Setelah meninjau ulang kembali kasus ini, FIA akhirnya memutuskan mencabut hukuman penalti tersebut.

“Dalam mendukung petisi untuk meninjau ulang, Steward diperlihatkan beberapa menit terakhir dari pertemua SAC dan bukti video dari 7 tampilan berbeda di mana mobilnya menyentuh dongkrak saat mendapatkan penalti yang sama seperti yang dialami mobil bernomor 14 tanpa dihukum,” tulis FIA melalui keterangan resminya, dilansir dari formula1.com.

“Keberatan jelas yang dilontarkan tim adalah representasi terduga dari kesepakatan antara FIA dan tim bahwa menyentuh mobil dengan cara apapun, termasuk dengan dongkrak, akan dianggap melakukan sesuatu pada mobil sesuai pasal 54.4 (c) dari regulasi terbukti tidak benar. Oleh karena itu dasar dari keputusan Steward salah,” lanjut pengumuman itu.

Sebagai informasi, awalnya Alonso mendapatkan hukuman 5 detik akibat keluar dari posisi grid. Namun Steward memberikan tambahan hukuman lagi sebanyak 10 detik karena saat berada dalam periode penalti pertama, dongkrak pengungkit telah menyentuh bagian belakang mobilnya.

Penulis: Bintang Rahmat