BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, terus mengebut Grand Design Keolahragaan Nasional. Hal itu dilakukan demi menelurkan juara dunia dari Indonesia. Uji publik sudah dilakukan Menpora dengan beberapa pakar, akademisi, dan seluruh stakeholders olahraga Indonesia lainnya.

Menurut Menpora publik Grand Design Keolahragaan di Surabaya kali ini adalah etape terakhir yang sebelumnya telah dilakukan di perguruan tinggi lainnya.

"Uji publik yang kita lakukan hari ini adalah etape terakhir, setelah dilakukan di beberapa perguruan tinggi lainnya. Kita inginkan apa yang kita hasilkan ini benar-benar sesuai dengan arahan bapak Presiden Jokowi. Kita ingin mereview total ekosistem pembinaan olahraga Indonesia," kata Menpora.

Baca Juga:

Menpora Beri Tanggapan soal Lanjutan Liga 1

Ada Kemungkinan Liga 1 Tak Lanjut, Marc Klok: Di mana Profesionalisme?

Grand Design Keolahragaan perlu dibentuk agar ada prestasi berjenjang. Jangan sampai tidak ada yang mengikuti jejak Lalu Muhammad Zohri ke depan.

“Terus terang prestasi-prestasi yang muncul masih sebuah prestasi yang tidak terdesain. Muncul secara kebetulan, ada yang punya talenta dipoles sedikit bisa menjadi juara. Tapi setelah itu, tidak ada pelapis-pelapis yang setiap tahunnya dipersiapkan dengan baik. Saya ingin dengan grand design keolahragaan ini bisa memperbaiki itu semua," kata Amali.

Menpora menyampaikan bahwa hasil atau produk dari grand design ini dapat diketahui oleh semua orang. Untuk itu ia berharap pada saat implementasi nanti tidak boleh ada pihak yang tidak mengetahuinya.

"Semuanya terlibat, oleh karena itu kami keliling di berbagai perguruan tinggi dan daerah. Jangan sampai ada yang bilang kok tiba-tiba ada program ini," imbuh Menpora.