BolaSkor.com - Keberhasilan Greysia Polii/Apriyani Rahayu merebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020 melahirkan julukan baru bagi ganda putri Indonesia tersebut. Greysia/Apriyani kini disebut sebagai The Smiling Champion.

Julukan itu diberikan ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Pria yang akrab disapa Okto itu melihat Greysia/Apriyani selalu tampak tulus sebelum memulai pertandingan.

“Greysia/Apriyani tidak pernah memulai permainan sebelum mereka senyum, itu kelebihannya. Dari semua pertandingan, The Smiling Champion selalu senyum dulu sebelum memukul bola" ujar Okto.

Soal senyum, Greysia ternyata terinspirasi dari pebulu tangkis China, Gao Ling. Setiap sebelum bertanding, Greysia melihat Gao seperti tanpa beban.

“Saya belajar dari salah satu pemain senior China, namanya Gao Ling, mau mati (bola) mau apa, dia senyum terus. Saya berpikir ini orang kayak nggak ada beban hidupnya, main kok enak banget, saya belajar dari dia," ujar Greysia.

Baca Juga:

Kejadian Mengejutkan yang Terjadi di Olimpiade Tokyo 2020

Setelah 25 Tahun, Viktor Axelsen Sudahi Puasa Denmark

Senyuman yang selalu dilempat Greysia/Apriyani rupanya berhasil memengaruhi mental lawan. Seberat apapun jalannya pertandingan, Greysia/Apriyani tak pernah memasang tampang menyerah.

“Yang luar biasa adalah lawan menjadi bingung. Saya sudah berupaya bagaimana caranya matiin (lawaan) tapi kok dia senyum-senyum terus ya? Saya pernah lawan Gao Ling dan sebel banget kok kayaknya enteng banget, kayak ngentengin saya, tapi memang dia jago, saya nggak pernah mengalahkan dia, itu salah satu yang saya ambil dari dia," ujar Greysia.

Greysia/Apriyani membawa pulang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 setelah mengalahkan Chen Qing Chen/Jia Yifan di partai final. Greysia/Apriyani mengukir sejarah dengan menjadi ganda putri Indonesia pertama yang berhasil berdiri di podium tertinggi ajang empat tahunan tersebut.