Greysia Polii: Tiga Olimpiade, Tiga Pasangan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 15 Juli 2021
Greysia Polii: Tiga Olimpiade, Tiga Pasangan
Greysia Polii (zimbio)

BolaSkor.com - Pada Olimpiade Tokyo, Greysia Polii menjadi pebulu tangkis putri tertua dari Indonesia. Untuk edisi kali ini, Greysia akan tampil berpasangan dengan Apriyani Rahayu.

Selain paling senior, Greysia juga yang paling berpengalaman di antara pebulu tangis putri lain. Ini bakal menjadi penampilan ketiga kalinya di Olimpiade bagi Greysia.

Pada penampilan perdananya terjadi pada Olimpiade London 2012. Catatan kala itu bukan yang menyenangkan. Berpasangan dengan Meiliana Jauhari, Greysia bersama empat pemain dari Korea Selatan dan dua pemain China didiskualifikasi karena berupaya kalah dalam pertandingan babak penyisihan group.

Selang empat tahun kemudian, di Rio de Janiero, Greysia Polii kembali tampil dengan pasangan berbeda, Nitya Maheswari. Saat itu mereka gagal menembus semifinal. Mereka takluk di tangan pasangan Tiongkok Yu Yang/Tang Yuanting pada babak perempat final.

Baca Juga:

Profil Jonatan Christie: Maestro Multi Event

Naga Api Menerawang Peluang Kevin/Marcus di Olimpiade

Kali ini, Greysia kembali mendapat kesempatan tampil di Olimpiade, lagi-lagi dengan pasangan berbeda. Greysia kini akan mencoba meraih prestasi tinggi bersama Apriyani.

Berdasarkan undian, mereka akan menghadapi tantangan pertama di Grup A. Greysia/Apriyani harus bersaing dengan unggulan teratas Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang), Chloe Birch/Lauren Smith (Inggris), dan Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia).

Melihat catatan pertemuan sebelumnya, tantangan terbesar Greysia/Apriyani akan dihadapi saat bertemu Fukushima/Hirota. Sebab dalam delapan pertemuan terakhir, Greysia/Apriyani belum mampu mengatasi lawannya tersebut.

Dari sepuluh pertandingan yang pernah terjadi, Greysia/Apriyani hanya menang dua kali di dua pertemuan awal pada tahun 2017. Selebihnya kerja keras mereka di lapangan masih belum membuahkan hasil yang manis.

Selanjutnya dengan Birch/Smith, Greysia/Apriyani memiliki catatan yang lebih bagus. Mereka berhasil memenangkan setiap pertemuan yang telah empat kali terjadi. Terakhir di Barcelona Spain Masters 2020, Greysia/Apriyani menang 20-22, 21-16, dan 21-10.

Namun Greysia/Apriyani tetap tak boleh lengah. Sebab Birch/Smith yang baru saja menjadi finalis European Champhionships 2021 lalu, bisa jadi memiliki kepercayaan diri lebih dalam menghadapi laganya nanti.

Lawan ketiga yang akan dihadapi Greysia/Apriyani pada penyisihan grup adalah Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia). Head to head mereka saat ini sama kuat dengan skor 2-2. Namun lagi-lagi Greysia/Apriyani harus waspada. Sebab kekalahan justru mereka dapatkan di dua pertemuan terakhirnya, yaitu pada China Open 2019 dan BWF World Tour Finals 2020 lalu.

Greysia Polii Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2020 Greysia Polii/Apriyani Rahayu
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan