BolaSkor.com - Manajer Manchester City Josep "Pep" Guardiola tak sungkan memuji kehebatan Ronaldinho sebagai pemain yang berada di level berbeda. Sang pelatih bahkan menilai pengaruh Ronaldinho berdampak besar dalam membantu memulihkan harga diri klub Barcelona.

Ronaldinho yang sudah berusia 37 tahun baru saja menyatakan pensiun dari dunia sepak bola. Penyihir asal Brasil itu selama masih aktif bermain dikenal dengan gaya mainnya yang aktraktif sekaligus menghibur.

Ronaldinho pun mencapai puncak kejayaan ketika berkostum Barcelona pada 2003-2008. Bersama Blaugrana, ia memenangi dua titel La Liga dan satu trofi Liga Champions.

Berkat prestasi itu, Pep Guardiola yang pernah melatihnya kala itu di Barcelona menyebut Ronaldinho telah berhasil membantu memulihkan harga diri klub tersebut setelah beberapa tahun terpuruk gagal meraih trofi bergengsi.

“Ketika Joan Laporta menjadi presiden Barcelona, dia membuat dampak yang besar ketika dia menandatangani kontrak dengan Ronaldinho, dia menjadi pengaruh terbesar di lapangan Barcelona,” kata Guardiola seperti dikutip Marca.

“Dia membantu memulihkan harga diri di klub itu setelah beberapa tahun terpuruk. Antara Joan Laporta sebagai presiden dan Ronaldinho berada di lapangan, mereka telah membantu mengubah situasi di klub. Dia memiliki tahun-tahun fantastis di Barcelona, dia memenangkan liga dan Liga Champions,” ungkapnya.

Selain itu, di mata Josep Guardiola menilai hanya Lionel Messi yang bisa menyamai level kualitas dari seorang Ronaldinho, yang dimana keduanya pernah bermain bersama di Camp Nou.

"Sebelum Messi, dia adalah pemain terbaik yang pernah ada. Saya mengharapkan yang terbaik baginya di masa depan. Ia memiliki dampak luar biasa, tak hanya di Barcelona, tapi juga di dunia sepakbola,”