BolaSkor.com - Gubernur Papua, Lukas Enembe, meresmikan wisma atlet untuk PON 2021. Selain itu, Lukas juga membuka Kantor KONI di Komplek Stadion Mandala Jayapura.

Peresmian wisma atlet dan Kantor KONI ditandai dengan pembunyian sirine oleh Lukas. Setelah itu selubung yang menutupi papan peresmian juga dibuka.

Nantinya para atlet yang mengikuti PON 2020 yang berlangsung pada 2021 akan menjalani pemusatan latihan di tempat tersebut. Pembangunan area tersebut memakan waktu sembilan tahun.

Baca Juga:

KONI Riau Setuju PON XXI Ditunda ke 2025

KONI Jatim Program Ulang Puslatda PON 2021

Lukas mengatakan ambisinya menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga. Orang nomor satu di Papua itu menyebut kedua bangunan itu sebagai simbol.

"Kami ingin menjadikan Papua sebagai provinsi para atlet dan sepak bola. Sehingga, peresmian wisma dan kantor ini kami harapkan menjadi momentum," kata Lukas.

"Selanjutnya, saya akan mengecek pembangunan venue lainnya agar bisa segera diresmikan. Pada September diharapkan selesai dan diserahkan ke KONI dan Dispora," imbuhnya.

Wisma atlet dan Kantor KONI dibangun di atas lahan seluas 2.944 meter persegi. Pembiayaan memakan Rp 313 miliar yang berasal dari APBD.