Gunakan VAR Musim 2019-2020, Premier League Tak Lagi Ketinggalan Zaman

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 16 November 2018
Gunakan VAR Musim 2019-2020, Premier League Tak Lagi Ketinggalan Zaman
Penggunaan VAR di Serie A (Zimbio)

BolaSkor.com - Premier League akhirnya memutuskan menggunakan teknologi Video Assistant Referees (VAR) pada musim 2019-2020. Sebelumnya, teknologi tersebut sudah digunakan oleh beberapa liga top Eropa.

Sejatinya, VAR bukanlah teknologi anyar dalam dunia sepak bola. Beberapa liga seperti Serie A, Ligue 1 hingga LaLiga telah menggunakan VAR sejak musim ini. Alasan utamanya yakni membantu wasit dalam mengambil keputusan agar tak keliru.

VAR juga pernah dicoba pada ajang terbesar antar-negara, Piala Dunia 2018. Hasilnya, teknologi itu dinilai sukses membuat pertandingan berjalan dengan adil dan minim kesalahan.

Di Inggris, Var telah diujicobakan pada Piala Liga dan Piala FA. Kini giliran Premier League yang akan kebagian hal itu.

Klub-klub Premier League juga telah melakukan uji coba VAR non-live selama beberapa pertandingan terakhir. Kemudian, para perwakilan klub sepakat mengguakan VAR untuk musim depan. Sekarang, keputusan itu akan diteruskan ke FIFA dan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional.

"Pada rapat pemegang kepentingan hari ini, klub diberi pembaruan tentang uji coba VAR non-live yang dilakukan oleh Liga dan Pejabat Pertandingan Profesional (PGMOL). Pembelajaran utama dari penggunaan VAR di Piala FA dan Piala Liga Inggris, dan liga lain di seluruh dunia, dibahas secara rinci," bunyi pernyataan resmi Premier
League.

"Program pengujian non-live Premier League akan tetap dilakukan untuk sisa musim ini, dengan penekanan lanjutan pada Sabtu sore yang memiliki beberapa pertandingan secara bersamaan. Setelah itu, akan ada pengembangan protokol yang jelas untuk menginformasikan keputusan VAR kepada penggemar,"

"Premier League sekarang akan secara resmi membuat permintaan kepada Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional dan FIFA untuk menggunakan VAR musim depan."

Premier League VAR Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.351

Bagikan