Gusti Randa: Marko Simic Tidak Ditahan, Bebas Berpergian di Australia

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Jumat, 15 Februari 2019
Gusti Randa: Marko Simic Tidak Ditahan, Bebas Berpergian di Australia
Marko Simic. (Media Persija).

BolaSkor.com - Persija Jakarta menetapkan Gusti Randa sebagai pendamping Marko Simic di Australia. Berlatar belakang pengacara, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut dinilai pas untuk membantu proses hukum striker berusia 31 tahun itu.

Usai ditunjuk oleh Persija, Gusti Randa angkat suara. Kasus Marko Simic dinilainya dapat diproses di Indonesia. Mengingat, locus delicti atau lokasi terjadinya (dugaan) pidana berada di wilayah udara Tanah Air.

Marko Simic diduga melakukan tindakan tidak senonoh kepada wanita dalam penerbangan menuju Sydney, Australia dari Jakarta via Denpasar, Bali pada 9-10 Februari 2019. Aksi pelecehan tersebut dilancarkan dalam penerbangan Garuda Indonesia sebelum memasuki wilayah udara Australia.

"Pertama kita harus meletakkan persoalan di atas praduga tak bersalah. Kedua, kita harus masuk dalam koridor tata hukum internasional. Melihat dari locus delicti-nya, locus delicti Marko Simic ini meskipun bukan WNI (Warga Negara Indonesia), tempat kejadian perkaranya adalah di penerbangan Garuda Indonesia," ujar Gusti Randa ketika dihubungi wartawan.

"Secara hukum Indonesia, maka di atas penerbangan Garuda Indonesia, di atas pelayaran yang berbendera Indonesia maka berlaku hukum atau yurisdiksi Indonesia," kata Gusti Randa menambahkan.

Baca Juga:

Kasus Pelecehan Seksual Marko Simic Diduga Terjadi di Wilayah Udara Indonesia

PSSI Setuju Gusti Randa Jadi Pengacara Marko Simic di Australia

Persija Tentukan Masa Depan Marko Simic Usai Kasusnya Selesai di Australia

Gusti Randa mendapat informasi bahwa Marko Simic harus menetap lumayan lama di Australia. Persidangan kasus pelecehan seksualnya baru akan dihelat pada 9 April 2019. Itu artinya pemain Kroasia itu bakal melewati sejumlah pertandingan bersama Persija.

"Sekarang ini, ditangani oleh Australia. Kami belum tahu sejauh mana penanganan ini. Yang kami tahu informasinya bahwa sudah ada sidang tingkat pertama dan ada sidang lagi pada 9 April," terang Gusti Randa.

Apa yang akan dilakukan Gusti Randa untuk membantu Simic di antaranya ialah mengumpulkan bukti-bukti untuk membawa Marko Simic bersidang di Indonesia. Dirinya juga bakal menjalin koordinasi dengan sejumlah konsulat jenderal Indonesia di Negeri Kanguru.

"Untuk itu, berikan ruang pada kami selaku kuasa hukum dari Persija untuk mengumpulkan beberapa bukti. Misalnya Simic ini dari paspor, KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara), dan seterusnya. Lalu menghubungi konjen kita (di Australia), Garuda Indonesia juga. Sehingga terang dulu perkaranya. Kalaupun ada persidangan, saya tahu persis bahwa pengacara Indonesia tidak bisa bersidang di sana. Makanya kami hanya pendamping di sana," papar Gusti Randa.

Marko Simic
Marko Simic. (Media Persija).

Gusti Randa berencana untuk bertolak ke Australia guna menemani Marko Simic. Hanya saja, diperlukan persiapan lebih agar perencanaan tugasnya makin matang setibanya di Negeri Kanguru.

"Memang secara hukum kalau kejadiannya di atas transportasi berbendera Indonesia maka yurisdiksinya Indonesia. Kita kan belum bicara. Sementara langkah awal begitu. Saya akan bertemu dulu dengan beberapa institusi di Indonesia setelah itu mungkin kita kontak Kedubes Indonesia di sana. Di Sydney, baru kita rancang untuk keberangkatan," imbuhnya.

Terakhir, Gusti Randa menyampaikan, status Marko Simic bukan tersangka dan yang bersangkutan diperbolehkan berpergian asal masih di wilayah Australia. "Simic tidak ditahan. Paspornya (saja yang) ditahan. Dia bebas ke mana saja selama di Australia. Tidak boleh mendampingi di pengadilan. Non litigasi," kata Gusti Randa.

Marko Simic Gusti randa Persija jakarta Pssi
Posts

1.188

Bagikan