Habiskan 210 Juta Poundsterling, Newcastle United Rasakan Dampak Kepemilikan Baru

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 17 Januari 2023
Habiskan 210 Juta Poundsterling, Newcastle United Rasakan Dampak Kepemilikan Baru
Newcastle United (@NUFC)

BolaSkor.com - Sejak akuisisi PIF (Saudi Arabian Public Investment Fund's) di Newcastle United pada Oktober 2021, mengambilalih dari era Mike Ashley, The Magpies - julukan Newcastle - terus berkembang menikmati era baru.

Memasuki pekan 21 Premier League, Newcastle terus meramaikan papan atas klasemen dan bersaing merebutkan zona Liga Champions. Tim besutan Eddie Howe saat ini berada di urutan tiga dengan 38 poin dari 19 pertandingan.

Eddie Howe menjadi aktor sekaligus sosok protagonis yang sukses menyatukan skuad dan memaksimalkan kemampuan tim. Kendati demikian kebangkitan Newcastle itu juga mewarnai era baru tim di bawah kepemimpinan PIF.

Publik berasumsi kedatangan PIF sebagai pemilik baru menjadikan Newcastle bak Manchester City baru, sebab PIF memiliki pemilik yang berasal dari Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah terkenal dengan kekayaan mereka.

Baca Juga:

Hijrah ke Arab Saudi, Cristiano Ronaldo Masih Bisa Sombong

Melihat Lebih Dekat Momen Perkenalan Cristiano Ronaldo di Al-Nassr

Manajer Newcastle United Jawab Rumor Bergabungnya Cristiano Ronaldo

Newcastle tidak langsung jor-joran belanja pemain dengan banderol besar dan nama top di Eropa, tetapi pembelian mereka efisien dengan total dana habis sekitar 210 juta poundsterling yang terhitung sejak Januari 2022 dan musim panas 2022.

Beberapa pembelian termahal Newcastle di era PIF seperti halnya Bruno Guimaraes (40 juta poundsterling), Sven Botman (32 juta poundsterling), dan Alexander Isak (63 juta poundsterling). Tetapi rekrutan lainnya yang lebih murah menunjukkan kualitas tidak 'semurah' harganya.

Ambil contoh seperti Kieran Trippier (12 juta poundsterling) yang jadi pemain reguler pada posisi bek kanan, Nick Pope (10 juta poundsterling) pada posisi kiper, serta Dan Burn (13 juta poundsterling) yang bermain untuk posisi bek kanan.

Pembelian Newcastle tidak jor-joran untuk satu pemain atau membeli banyak pemain tapi tidak efektif. Itu terbukti dengan perkembangan besar mereka musim ini di mana Newcastle berpotensi finish di empat besar.

Pertahanan Newcastle juga jadi yang terbaik di liga dan sejauh ini baru kebobolan 11 gol. Nick Pope mencatatkan 14 clean sheets dan tidak ada kiper di lima liga top Eropa dengan catatannya sejauh ini.

Menilik performa Newcastle dan potensi besar bermain di Liga Champions musim depan, menarik untuk dinanti belanja pemain yang akan dilakukan Newcastle pada musim panas 2023 nanti.

Berikut sejumlah pembelian pemain yang sudah terjadi sejauh ini di Newcastle era PIF:

1. Kieran Trippier (12 juta poundsterling - Atletico Madrid)
2. Chris Wood (25 juta poundsterling - Burnley)
3. Bruno Guimaraes (40 juta poundsterling - Lyon)
4. Matt Targett (15 juta poundsterling - Aston Villa)
5. Dan Burn (13 juta poundsterling - Brighton)
6. Nick Pope (10 juta poundsterling - Burnley)
7. Sven Botman (32 juta poundsterling - Lille)
8. Alexander Isak (63 juta poundsterling - Real Sociedad)
9. Garang Kuol (300.000 poundsterling - Central Coast Mariners)

Newcastle Newcastle United Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.173

Bagikan