Hadapi Persija, Persebaya Dapat Kabar Baik dan Buruk

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 23 Oktober 2021
Hadapi Persija, Persebaya Dapat Kabar Baik dan Buruk
Persebaya Surabaya. (Media Persebaya)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya bakal kembali tidak dapat menurunkan kekuatan terbaiknya pada lanjutan Liga 1 2021/2022. Sejumlah pemain dipastikan tidak bisa turun di laga menghadapi Persija Jakarta (26/10) mendatang. Ada pemain yang cedera, akumulasi kartu, dan bergabung dengan Timnas Indonesia U-23.

Persebaya masih kehilangan kiper Ernando Ari Sutaryadi, bek Rizky Ridho Ramadhani, kapten Rachmat Irianto dan wonderkid Marselino Ferdinan. Mereka bergabung bersama Timnas Indonesia U-23 di Tajikistan. Sementara kiper utama Satria Tama, bek kanan Koko Ari Araya masih berkutat dengan cedera.

Ditambah kondisi stopper Arif Satria yang belum 100 persen. Bek 26 tahun tersebut harus ditarik keluar di babak kedua saat melawan Persela Lamongan yang berkesudahan 1-1 tadi malam (21/10). Perannya lantas digantikan Mokhamad Syaifuddin.

Belum lagi tim kebanggaan Bonek tersebut kehilangan gelandang energik Ricky Kambuaya. Dia harus absen saat Persebaya menantang Macan Kemayoran, julukan Persija, karena akumulasi kartu kuning.

Kambuaya kembali menerima kartu kuning ketika melawan Persela. Pada laga tersebut, dia mencetak gol yang sempat membawa keunggulan bagi Persebaya sebelum disamakan oleh striker Persela Ivan Carlos França Coelho.

"Ini (menjadi) pembelajaran buat Kambuaya untuk lebih cool, lebih tenang di lapangan. Padahal sebelum pertandingan sudah saya wanti-wanti Kambuaya agar jangan sampai mendapatkan kartu kuning karena tenaganya dibutuhkan untuk laga berikutnya. Tetapi di menit akhir dia mendapatkan kartu," keluh pelatih Persebaya Aji Santoso.

Baca Juga:

Aji Santoso Kesal Kepemimpinan Wasit, Persebaya Kirim Surat Protes

Iwan Setiawan Tak Nyaman Persela Seakan Dibantu Wasit

Peran pemain asal Sorong, Papua tersebut sangat vital di lini tengah Persebaya. Selain memberikan suplai untuk lini depan, Kambuaya juga mampu mencetak gol ke gawang lawan. Dia lantas bersanding dengan Jose Wilkson Teixeira Rocha menjadi top skor klub dengan total empat gol.

"Ya, Kambuaya menjadi salah satu pemain yang cukup penting bagi Persebaya," puji Aji.

Praktis, pelatih 51 tahun tersebut harus mencari solusi dari keadaan seperti ini. Dengan kendala yang dihadapi, Bajol Ijo tidak boleh lengah dan harus berupaya mengambil tiga poin. Beruntung, gelandang asing, Bruno Moreira Soares, dapat kembali dimainkan. Pemain asal Brasil tersebut absen lantaran mendapat kartu merah di laga melawan Persipura Jayapura (16/10) lalu.

Aji sendiri mengakui jika absennya Bruno cukup berpengaruh terhadap permainan Persebaya. Tak hanya itu, mantan pelatih timnas Indonesia ini juga akan membenahi lini belakang tim asal Kota Pahlawan tersebut.

"Ya, memang ada sedikit pengaruh dengan tidak adanya Bruno. Dan, akan saya sampaikan ke pemain dalam latihan sebelum pertandingan, untuk dapat mengantisipasi ancaman lawan nanti," tandasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Aji santoso Persebaya surabaya Persija jakarta Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.992

Bagikan