Hadapi Persiraja, Samsul Arif: Semua Pemain Bertanggung Jawab Memenangkan Persebaya

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 19 Februari 2022
Hadapi Persiraja, Samsul Arif: Semua Pemain Bertanggung Jawab Memenangkan Persebaya
Penyerang Persebaya Surabaya, Samsul Arif Munip mendapat cedera sehingga diragukan tampil melawan PSS Sleman. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Tren buruk ditunjukkan Persebaya Surabaya di Liga 1 2021/2022. Tim asuhan Aji Santoso tersebut belum merasakan kemenangan dalam empat laga terakhirnya. Mereka terakhir kali merebut tiga poin ketika berhadapan dengan PSS Sleman lewat kemenangan 1-0, Sabtu (29/1) lalu.

Catatan negatif itu tentu membuat peluang Persebaya untuk bersaing di jalur juara pun menipis. Karena itu, Bajol Ijo memburu kemenangan pada pekan ke-26 menghadapi Persiraja Banda Aceh di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali besok malam (19/2).

Penyerang gaek Persebaya, Samsul Arif Munip menegaskan bahwa kemenangan menjadi target tim kebanggaan Bonek pada laga tersebut. Menurutnya, seorang pemain sepak bola wajib bertanggung jawab atas peran dan tugas yang sudah diberikan pelatih.

Sikap ini menjadi modal utama yang harus dimiliki setiap pemain. Imbasnya, para pemain mampu mematuhi instruksi pelatih dengan baik.

Baca Juga:

Persebaya Mantapkan Penyelesaian Akhir Supaya Produktif Hadapi Persiraja

Hasil Liga 1: Kalahkan Madura United, Arema FC Amankan Puncak Klasemen

"Semua pemain punya tanggung jawab penting untuk memenangkan laga nanti. Bukan cuma saya saja. Saya rasa semua (pemain Persebaya) tahu apa yang harus dilakukan nanti," terang Samsul dalam sesi jumpa pers virtual pagi tadi (18/2).

Sebagai pemain senior di Persebaya musim ini, ada satu tugas krusial yang harus dilakukannya. Yakni harus membantu menjaga kestabilan tim, terutama di saat-saat yang sulit. Saat ini, Samsul Arif menjadi salah satu pemain tertua di Persebaya. Karena skuat tim asal Kota Pahlawan musim ini banyak dihuni oleh pemain-pemain muda.

"Semua pemain punya kewajiban dan tanggung jawab yang sama untuk berkontribusi kepada tim. Bukan karena saya senior atau yang lebih tua. Saya pikir teman-teman sudah siap dan mengerti dengan tanggungjawab untuk pertandingan," jelas Samsul Arif.

Seperti diketahui, mayoritas skuad Green Force musim ini dihuni barisan muda. Selain Samsul, ada dua nama yang usianya di atas 30 tahun. Yakni, Rendi Irwan (34), dan Johan Yoga (31). Selebihnya pemain berusia dua puluh tahunan. Termasuk para pemain asing seperti, Arsenio Jermaine Cedric Valpoort (29), Alie Sesay (26), Taisei Marukawa (24), dan Bruno Moreira (22).

Di sisi lain, pelatih Aji Santoso mengaku telah melakukan evaluasi untuk mengetahui penyebab menurunnya performa anak asuhnya. Dia menyebutkan telah menemukan permasalahan yang kerap terjadi dalam dua laga terakhir. Seperti diketahui, Persebaya gagal mempertahankan keunggulan di dua pertandingan terakhir.

"Menurut saya, dua kejadian (unggul lebih dulu) melawan Persela dan Persija sudah cukup. Kami sudah melakukan evaluasi kenapa lawan bisa mencetak gol, kenapa kami bisa kebobolan. Dan sudah ketemu permasalahannya, tinggal bagaimana mengantisipasi. Dan itu pemain yang melakukan, bukan pelatih yang menjalankan," tegas Aji.

Lebih lanjut Samsul Arif mengatakan para pemain Persebaya siap menjaga fokus hingga peluit akhir dibunyikan wasit. Dia juga berharap sikap meremehkan lawan ketika dalam kondisi unggul tidak terulang kembali.

"Seperti Coach Aji bilang, kami ada (sikap) underestimate, sehingga selalu meraih hasil yang kurang maksimal menghadapi tim-tim yang peringkatnya jauh di bawah kami. Makanya di laga nanti tidak boleh terjadi lagi," pungkas pencetak tujuh gol untuk Persebaya musim ini. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Samsul Arif Munip Samsul arif Liga 1 Persiraja banda aceh Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan