BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-19/U-20 mendapatkan satu tempat di putaran final Piala Asia U-20 2023. Kepastian ini didapat setelah mengalahkan Vietnam U-20, Minggu (18/9) malam WIB.

Timnas Indonesia U-20 berhadapan dengan Vietnam U-20 pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Laga ini jadi penentu siapa tim yang akan jadi juara Grup F sekaligus lolos otomatis ke Piala Asia U-20 2023.

Sejak awal pertandingan Timnas Indonesia U-20 langsung tampil menekan. Dua peluang didapat dari Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh. Namun, upaya kedua pemain tersebut belum berhasil.

Timnas Indonesia U-20 kembali mendapat peluang. Tendangan Kakang Rudianto belum menemui sasaran.

Tekanan terus diberikan Skuat Garuda Muda melalui tandukan Ronaldo Kwateh. Namun, upaya itu belum mengancam gawang Vietnam U-20.

Di babak kedua manajer pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, melakukan perubahan dengan memasukkan Marselino Ferdinan menggantikan Ronaldo Kwateh.

Baca Juga:

Galeri Foto: Timnas Indonesia U-20 Gilas Hong Kong

Galeri Foto: Timnas Indonesia U-20 Gulung Timor Leste

Masuknya Marselino langsung memberikan dampak positif. Pemain asal Persebaya Surabaya itu memecah kebuntuan pada menit ke-60 lewat sepakan keras dari luar kotak penalti.

Namun, lima menit berselang Vietnam U-20 berhasil membuat skor menjadi 1-1. Umpan yang dilepaskan Khuat Van Khang salah diantisipasi Muhammad Ferrari sehingga bola masuk ke gawang sendiri.

Vietnam U-20 bahkan berbalik unggul 1-2 pada menit 78 setelah Dinh Xuan Tien mencatatkan namanya di papan skor.

Timnas Indonesia U-20 tidak menyerah. Garuda Muda mengubah skor menjadi 2-2 di menit 80 lewat tandukan Muhammad Ferrari dari sebuah situasi sepak pojok.

Berselang empat menit, Timnas Indonesia U-20 mencetak gol ketiganya lewat Rabbani Tasnim. Pemain bernomor punggung 19 itu mencocor bola hasil umpan Alfriyanto Nico yang bergulir di depan gawang Vietnam U-20.

Skor 3-2 untuk Timnas Indonesia U-20 bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Tim Merah-Putih memimpin klasemen akhir Grup F dengan 9 poin sekaligus mendapatkan satu tiket ke Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023.