BolaSkor.com - LaLiga 2021-2022, seperti liga-liga top Eropa lainnya, akan memainkan pekan terakhir di akhir pekan ini. Real Madrid sudah dipastikan jadi juara, sementara Barcelona di zona Liga Champions. Lantas apa saja yang tersisa untuk dipertaruhkan?

Ada beberapa hal yang masih dapat disimak bagi pecinta sepak bola Spanyol, kendati dua raksasa Spanyol sudah tak punya target khusus. Madrid sudah juara LaLiga dan tim arahan Carlo Ancelotti fokus dengan final Liga Champions lawan Liverpool.

Sementara Barcelona besutan Xavi hanya berusaha menyelesaikan musim dengan baik, sebab fokus mereka sudah tertuju kepada bursa transfer musim panas 2022 demi misi bangkit musim depan.

Baca Juga:

Hari Ini Jadi Penentuan Kylian Mbappe Gabung Real Madrid

Peluang Barcelona Datangkan Robert Lewandowski

Deretan Fakta Usai Madrid Mencukur Levante: Benzema Samai Torehan Gol Raul

Kendati demikian masih ada beberapa hal yang masih dipertaruhkan di pekan terakhir LaLiga, di mana pekan 38 LaLiga dimainkan pada Sabtu (21/05) dini dan malam hari WIB, dilanjutkan pada Minggu (22/05) malam dan Senin (23/05) dini hari WIB.

Apa saja yang masih dipertaruhkan di pekan terakhir LaLiga? Mengulik dari rilis yang diterima dari LaLiga, berikut uraiannya:

Degradasi

Dua tim sudah pasti degradasi yakni Levante dan Deportivo Alaves. Satu slot tersisa coba dihindari oleh tiga tim yang dapat terjerat di posisi itu yaitu Mallorca, Cadiz, dan Granada.

Posisinya saat ini dari urutan 16 hingga 18 adalah Granada (37 poin), Mallorca (36 poin), dan Cadiz (36 poin). Pada pekan terakhir Granada akan menjamu Espanyol, Osasuna melawan Mallorca, dan Alaves kontra Cadiz.

Apabila pada akhirnya ada tim dengan perolehan poin sama maka catatan head to head akan menjadi penentu. Apabila ketiga tim finish dengan poin sama 37 poin maka Cadiz akan degradasi.

Zona Eropa

Tiket untuk Liga Champions dan Liga Europa sudah ditentukan. Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla di Liga Champions. Real Betis dan Real Sociedad ke Liga Europa. Tinggal menyisakan slot untuk UEFA Conference League.

Perebutan terjadi antara Villarreal dan Athletic Club Bilbao. Villarreal, yang mencapai semifinal Liga Champions musim ini, ada di peringkat tujuh dengan 55 poin dan hanya terpaut satu poin dengan Bilbao.

Villarreal akan melawan Barcelona dan Bilbao kontra Sevilla di pekan terakhir dalam perebutan urutan tujuh - zona Conference League. Siapa pun di antara mereka yang lolos akan mengukir sejarah tim Spanyol pertama yang bermain di Conference League musim depan.

Penghargaan Individu

Selain perebutan di level klub, secara personal juga masih ada yang direbutkan. Pertama adalah Pichichi atau top skorer LaLiga. Striker Real Madrid, Karim Benzema, menempati urutan teratas dengan 27 gol.

Di bawahnya ada striker Celta Vigo Iago Aspas dengan 18 gol, kendati sulit mengejar Benzema, ia masih dapat memenangi Trofi Zarra atau pemain dari Spanyol dengan catatan gol terbanyak. Aspas unggul dari Raul de Tomas (17 gol) dan Juanmi (16 gol).

Kemudian ada Trofi Zamora atau kiper terbaik dengan rasio gol kebobolan terbaik. Bono, kiper Sevilla, diunggulkan dengan kebobolan 0,77 gol per laga, menempel setelahnya adalah Thibaut Courtois (kiper Madrid) dengan 0,83 kebobolan gol per laga.