BolaSkor.com - Terpilihnya Hamka Hamzah sebagai pemain terbaik di turnamen Piala Presiden 2019 memang sempat menimbulkan pertanyaan besar. Pasalnya, publik tidak menduga-duga atas pemilihan kapten tim Arema FC itu.

Banyak yang memprediksi gelar pemain terbaik direbut oleh satu diantara enam pemain yang masuk nominasi. Sedangkan nama Hamka Hamzah tidak masuk ke dalam enam nama pada nominasi itu.

Keenamnya adalah Makan Konate, Riky Kayame dan Dedik Setiawan yang mewakili Arema FC, serta Amido Balde, Hansamu Yama Pranata dan Manuchehr Jalilov dari Persebaya Surabaya.

Baca Juga:

Ada Peran Ivan Kolev dalam Kesuksesan Persija Jakarta Raih Tim Fairplay Piala Presiden 2019

Jadi Pemain Terbaik Piala Presiden 2019, Hamka Hamzah: Bukti Belum Habis

"Yang menilai (sebagai pemain terbaik) kan bukan saya sendiri. Ada tim penilai bahkan juga kalian (media)," papar Hamka Hamzah.

"Jadi, saya serahkan kepada publik saja. Biar mereka yang menilai," tambah Mantan bek andalan PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Sriwijaya FC tersebut.

Terlepas dari pro kontra itu, nyatanya pihak panitia turnamen sudah menetapkan Hamka Hamzah sebagai peraih gelar. Pemain kelahiran Makassar berusia 35 tahun itu pun berhak mendapatkan hadiah senilai Rp 250 juta atas prestasinya.

Kontribusi penting kemungkinan menjadi pertimbangan utama dibalik gelar itu. Hamka Hamzah hanya absen satu kali dari 8 pertandingan Arema FC di Piala Presiden sejak babak penyisihan grup, lantaran cedera.

"Dengan usia yang sudah tidak muda lagi, tentu gelar ini sangat saya syukuri," tutupnya. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)