BolaSkor.com - Hasil mengecewakan pada tiga laga terakhir membuat Hamka Hamzah angkat bicara. Kapten tim Arema FC itu ikut merasakan dampak dari dua kali imbang dan sekali kalah, yakni semakin besarnya tekanan mental yang dihadapi pemain dari suporter.

Sebagai pemimpin tim, Hamka merasa ikut bertanggung jawab atas menurunnya performa Arema FC yang berpuncak pada hasil imbang 2-2 saat menjamu Borneo FC di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (11/8) malam WIB.

Mantan bek tangguh PSM Makassar maupun Sriwijaya FC itu pun menumpahkan kegundahan hatinya, dengan melayangkan kritik tajam kepada rekan setimnya.

"Beberapa pemain belum menunjukkan mental yang tangguh seperti baja. Terutama pemain yang baru memperkuat tim ini," kritik Hamka Hamzah.

"Karena jika punya mental yang kuat, mereka akan melakukan apa saja ketika timnya tertinggal," imbuh bek tengah 33 tahun tersebut.

Hamka bahkan menganggap sebagian pemain masih belum pantas mengenakan seragam Arema FC. Pasalnya, dia menatap ada gambaran rasa putus asa yang dirasakan rekan setimnya saat berada dalam situasi penuh tekanan di lapangan.

"Bermain di klub sebesar Arema dengan besarnya dukungan dari Aremania, seorang pemain harus siap ketika dipuji karena menang, dan juga dicaci saat kalah," ungkapnya.

"Dan jika belum siap dicaci, maka pemain itu tidak cocok bermain untuk Arema," tambahnya.

Meski begitu, Hamka berharap situasi yang sulit ini segera terselesaikan saat tim menjalani libur kompetisi selama satu bulan dalam gelaran Asian Games 2018.

"Saya harapkan tim ini bisa lebih baik, juga pelatih punya solusi yang tepat saat libur nanti," tutupnya. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)