BolaSkor.com - Hamka Hamzah memastikan bahwa Arema FC akan menjadi klub terakhir saat menyatakan gantung sepatu nanti. Tim Singo Edan juga sekaligus menjadi klub ke-11 yang pernah diperkuatnya selama perjalanan karirnya sebagai pesepakbola profesional.

"Ya, benar. Saya akan pensiun di Arema," ucapnya saat membuka konferensi pers setelah membawa Arema FC mengalahkan Madura United 2-0 di Stadion Kanjuruhan Malang.

Bek tengah berusia 35 tahun itu pun menguatkan sinyal untuk segera pensiun dari lapangan hijau. Saat ini, Hamka Hamzah menunggu momen yang tepat dalam menandai perjalanan 19 tahun karirnya di dunia sepak bola tanah air.

Baca Juga:

Kemenangan atas Madura United Sangat Penting bagi Pelatih Arema FC

Arema FC 2-0 Madura United: Singo Edan Masuk Lima Besar

"Insyaallah, tahun 2020 nanti adalah yang terakhir bagi seorang Hamka Hamzah menjadi pemain sepak bola," beber pemain kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan tersebut.

"Lalu tahun depannya (2021), saya akan berganti karir sebagai pelatih. Tapi asisten dulu, melatih pemain muda dan mencari bakat-bakat terbaik sepak bola," tambahnya.

Hamka Hamzah sendiri sudah cukup merasakan pahit getirnya sepak bola nasional. Karirnya dimulai bersama PSM Makassar di tahun 2001, dan kerap berganti klub mulai Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persija Jakarta, Persisam Samarinda, Persipura Jayapura, Mitra Kukar, PKNS Selangor, Borneo FC, Sriwijaya FC hingga di Arema FC.

Sedangkan di skuat tim nasional, Hamka cukup sering berlaga di kejuaraan sepak bola internasional. Prestasi tertingginya adalah saat membawa Indonesia meraih runner-up Piala AFF di bawah kepelatihan Alfred Riedl tahun 2010 silam. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)