Hantu Cedera Ancam Mimpi Besar Timnas Inggris

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 03 Juni 2021
Hantu Cedera Ancam Mimpi Besar Timnas Inggris
Timnas Inggris (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Inggris punya target tinggi di Piala Eropa 2020. The Three Lions bertekad mengakhiri masa paceklik gelarnya di turnamen ini.

Sejak bergulir pada 1960, Inggris belum sekali pun mampu mengangkat trofi Piala Eropa. Hal ini tentu ironis bagi sebuah negara yang mengklaim sebagai penemu sepak bola.

Dewi fortuna memang tak kunjung berpihak kepada Inggris. Status tuan rumah pada edisi 1996 juga hanya mampu membuat Negeri Britania Raya tersebut finis di tiga besar.

Padahal Inggris selalu diperkuat pemain-pemain berkualitas yang menjadi andalan para raksasa Premier League. Tren buruk itu coba diakhiri pasukan Gareth Southgate pada edisi 2020 yang tertunda setahun ini.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Prancis dan Inggris Punya Modal Apik Jelang Piala Eropa

Trent Alexander-Arnold dan Jack Grealish Kirim Kabar Buruk untuk Timnas Inggris

Southgate Tak Pernah Berniat Coret Alexander-Arnold

Timnas Inggris tampil memukau di Piala Dunia 2018

Inggris punya modal berharga untuk mengakhiri kutukan Piala Eropa. Penampilan apik Harry Kane dan kawan-kawan di Piala Dunia 2018 dengan merebut peringkat keempat menjadi salah satunya.

Materi pemain Inggris saat ini tak jauh berbeda dengan 2018. Mereka kini bahkan sudah lebih kompak dengan berpengalaman.

Selain itu, Inggris juga punya keuntungan sebagai salah satu tuan rumah. Mereka akan tampil di depan publiknya sendiri saat berlaga di fase grup, semifinal, dan final.

Namun jalan Inggris menuju parati puncak tampaknya akan sangat terjal. Sejumlah rintangan bahkan sudah menghalau mereka sebelum turnamen di mulai.

Timnas Inggris berpeluang tampil tak maksimal di Piala Eropa 2020. Hantu cedera menjadi salah satu penyebabnya.

Southgate telah memilih 26 pemain dalam skuat finalnya. Namun Trent Alexander-Arnold dan Jack Grealish terancam batal tampil usai mengalami cedera pada laga pemanasan kontra Austria.

Trent Alexander-Arnold terancam batal tampil di Piala Eropa 2020.

Southgate memang masih bisa mengganti pemainnya sebelum melakoni kick-off pertandingan pertama. Namun kehilangan dua pemain utama bisa mengganggu skema yang sudah direncanakan.

"Ini bukan pertanda baik untuk melihatnya (Alexander-Arnold) pergi seperti itu. Kami akan menilai kondisinya dalam 24 jam ke depan," kata Southgate usai laga kontra Austria.

Masalah Inggris tak berhenti sampai di situ. Sejumlah pemain kunci lain seperti Jordan Henderson dan Harry Maguire juga dalam kondisi yang meragukan.

Keduanya berlomba dengan waktu untuk pulih dari cedera. Hal itu membuat Henderson dan Maguire belum tentu tampil maksimal di Piala Eropa mendatang.

Kebugaran para pemain dari Manchester United, Manchester City, dan Chelsea juga diragukan. Mereka baru saja bertarung habis-habisan di final Liga Europa dan Liga Champions.

Southgate harus benar-benar jeli melihat kondisi ini. Bukan tidak mungkin, para pemain Inggris akan bertumbangan saat turnamen berjalan.

Cedera dan Timnas Inggris

Wayne Rooney mengalami cedera parah kala berlaga di Piala Eropa 2004

Timnas Inggris memang kerap diganggu cedera bintangnya jelang berlaga di turnamen besar. Hal itu sudah terjadi selama bertahun-tahun lamanya.

Pada Piala Eropa 2016, Inggris tetap membawa Wayne Rooney yang masih dalam kondisi cedera. Buntutnya, mereka harus tersingkir di babak 16 besar usai takluk dari Islandia.

Mundur jauh ke belakang, Rooney juga sempat mengalami cedera parah sebelum bergulirnya Piala Dunia 2006. Namun ia akhirnya tetap dibawa ke turnamen akbar tersebut.

Rooney bahkan mengalami cedera parah kala memperkuat Inggris di Piala Eropa 2004. Padahal penampilannya tengah on fire ketika itu.

David Beckham juga pernah berada di posisi yang sama menjelang Piala Dunia 2002. Namun ia juga tetap terpilih masuk Timnas Inggris.

Timnas Inggris Piala Eropa 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan