Hanya Enam Klub Liga 1 yang Lolos AFC Club Licensing 2020

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Jumat, 20 November 2020
Hanya Enam Klub Liga 1 yang Lolos AFC Club Licensing 2020
Hasil rapat AFC Club Licensing. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI telah menyelesaikan AFC Club Licensing 2020 melalui rapat yang dilakukan di Hotel Harris, Kamis (19/11) malam. Dari hasil rapat tersebut, ada enam klub dinyatakan granted atau diberikan.

Keenam klub tersebut adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC. Meski sedang dilanda pandemi COVID-19 ini, enam tim tersebut dinyatakan sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh AFC.

Rapat ini seluruh anggota Club Licensing Committee yakni Timmy Setiawan sebagai Ketua, dengan anggota Danurwindo, Yakub Adi, Asep Saputra dan Alexander Tjahyadi. Selain itu dihadiri Manajer Club Licensing PSSI, Putri Aprillia Utomo dan Surya Binanga, Moh Randi sebagai anggota, dan juga Head of Legal PSSI, Lexyndo Hakim juga turut hadir.

Baca Juga:

PSSI Serahkan ke Klub soal Kontrak Pemain

Persebaya Tagih Janji PSSI Setelah Keluarnya SK Terbaru soal Kompetisi

"PSSI ke depan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen PSSI), Yunus Nusi, seperti dilansir dalam laman resmi PSSI, Jumat (20/11).

"Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia," ia menambahkan.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan industri si kulit bundar.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Yakni sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance.

Pssi Liga 1 Breaking News Yunus Nusi
Posts

4.871

Bagikan