BolaSkor.com - Bisakah pemain yang hanya punya 2 caps dengan negaranya, dan sudah enam tahun absen membela tim nasional-nya, dapat dibilang sebagai pemain Timnas tersebut? Kenyataan itu tengah menerpa gelandang anyar Persija Jakarta, Jakhongir Abdumuminov.

Persija mengumumkan kedatangan Jakhongir sebagai pengganti Rohit Chand. Gelandang berusia 25 tahun itu dikontrak dengan durasi semusim ke depan.

Dalam rilisnya, Direktur Utama Persija, Gede Widiade menyebut Jakhongir merupakan pemain Timnas Uzbekistan, negara asalnya. Padahal, mantan personil Istiqlol di Liga Tajikistan tersebut hanya mencatatkan dua penampilan, menurut situs penyedia data statistik, Transfermarkt.

Dua penampilan itu pun terjadi pada 2012 lalu, keduanya kala menghadapi Yordania dalam pertandingan persahabatan. Jakhongir juga hanya mengemas 78 menit pada dua caps-nya itu.

"Dia (Jakhongir) pemain bagus. Dia juga pemain Tim Nasional Uzbekistan. Mudah-mudahan dia bisa menunjukkan permainan terbaiknya di Persija. Perekrutan Jakhongir kami rasa sangat bagus," ujar Gede dalam rilis yang diterima BolaSkor.com, Jumat (11/1).

Baca Juga:

Penyiar Radio Brasil: Persija Jakarta dari Indonesia Tujuan Neguete

Neguete Tinggalkan Juventude Demi Klub Indonesia, Persija Jakarta?

Jakhongir juga pernah memperkuat tiga level Timnas Uzbekistan, yaitu U-23, U-20, dan U-19. Total, Jakhongir membukukan 11 caps bersama tiga kelompok usia Timnas Uzbekistan itu.

Rekam jejak Jakhongir cukup sulit ditemukan di dunia maya. Bahkan di situs penyedia data statistik yang lain, seperti Soccerway, profil Jakhongir dimuat tidak lengkap. Di situ tertulis, klub terakhir Jakhongir sebelum bergabung dengan Persija adalah Sogdiana, bukan Istiqlol.