BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berharap kesadaran penggawa Garuda untuk meningkatkan kondisi fisik. Shin Tae-yong melihat bahwa porsi makan pemain sedikit.

Padahal, makanan dengan gizi standar bagus bakal memengaruhi kondisi fisik pemain.

"Untuk memiliki mental yang kuat memerlukan fisik kuat. Untuk memiliki fisik kuat, kalian harus banyak makan," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Heran Timnas Indonesia Berada di Peringkat 173 Ranking FIFA

Shin Tae-yong Minta Timnas Indonesia Contoh Mentalitas Manchester City

"Saya melihat porsi makan kalian masih sedikit. Dengan makanan yang seperti ini, kalian tidak akan memiliki stamina untuk bermain 90 menit," tambahnya.

Shin Tae-yong juga berharap anak asuh punya kesadaran untuk terus mengasah diri. Latihan tambahan seharusnya dilakukan para pemain.

Ia berharap ketidaktersediaan lapangan latihan untuk menjalani latihan tambahan tak dijadikan alasan. Asal ada niat, pemain tetap bisa melakukannya.

"Bisa datang lebih dulu ke lapangan untuk meningkatkan kemampuan pribadi. Tapi sampai saat ini tidak ada pemain seperti itu."

"Pemain Indonesia juga tidak suka main body, main keras. Untuk bermain seperti itu badannya harus dilatih. Tapi sampai saat ini tidak ada pemain yang berusaha melakukannya. Padahal bisa juga latihan pribadi di gym," tambah Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu lantas mencontohkan mantan anak asuh Son Heung-min. Bintang timnas Korea Selatan yang bersinar bersama Tottenham Hotspur itu peduli dengan diri sendiri.

"Ia (Son) kalau pemusatan latihan timnas di Korea, datang 20 menit sebelum latihan. Setelah selesai latihan, ia latihan pribadi 20 menit. Ia juga bisa seharian di gym. Pemain yang bermain di Liga Korea akhirnya ikut-ikutan dan jadi tim semakin kuat."

Hal ini disampaikan Shin Tae-yong dalam acara pelepasan Timnas Indonesia ke Uni Emirat Arab (UEA) oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Jumat (14/5). Rencananya, Timnas bertolak ke Dubai pada Senin (17/5) dini hari dan akan menjalani dua uji coba melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5).

Persiapan dijalani Garuda untuk sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 Grup G putaran kedua, yang digelar terpusat di UEA. Indonesia akan menghadapi Thailand (3/6), Vietnam (7/6), dan UEA (11/6).