Harapan Rahmad Darmawan Terkait Transformasi Sepak Bola Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 03 November 2022
Harapan Rahmad Darmawan Terkait Transformasi Sepak Bola Indonesia
Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan, saat memberikan keterangan kepada awak media. (LIB)

BolaSkor.com - Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan, menyampaikan harapannya soal Transformasi Sepak Bola Indonesia yang sedang dijalankan PSSI bersama Pemerintah Republik Indonesia dengan dukungan FIFA serta AFC.

Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia dibentuk PSSI sebagai respons Tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan 135 jiwa meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka-luka usai menyaksikan pertandingan Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10) malam WIB.

Satgas tersebut bertugas merumuskan tata kelola sepak bola Indonesia dengan melakukan sinkronisasi antara para pemangku kepentingan mulai dari PSSI, pemerintah, kepolisian, klub, dan suporter.

Sinkronisasi ini berkaitan dengan perbaikan infrastruktur, perbaikan sistem pengamanan, penyelamatan, manajemen kerumunan hingga manajemen penonton.

Baca Juga:

Persija Jakarta Dukung Transformasi Sepak Bola Indonesia

Harapan Djadjang Nurdjaman untuk Sepak Bola Indonesia Pasca Tragedi Kanjuruhan

"Ya buat saya sekarang waktunya untuk kita kembali menatap ke depan dengan segala apa yang terjadi kemarin itu (Tragedi Kanjuruhan) tentu menjadi pelajaran," kata RD kepada awak media.

Di tengah situasi seperti sekarang ini RD turut mengajak seluruh pihak untuk tidak saling menyalahkan dan introspeksi supaya Tragedi Kanjuruhan tidak terulang di masa depan.

Dampak dari Tragedi Kanjuruhan ini dua kompetisi profesional di bawah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) harus dihentikan untuk sementara waktu sampai terbentuknya aturan-aturan baru terkait keselamatan sampai pengamanan dalam pertandingan sepak bola.

"Di situasi masih dalam suasana berkabung, kita sudah persiapkan langkah kita untuk masa depan kita semua. Tidak cuma pemain, tapi juga pelatih sepak bola yang lainnya, mulai dari pelatih, tim manajemen, kemudian stakeholder yang lain termasuk suporter itu semuanya intropeksi untuk lebih baik lagi," tutur RD.

Rans Nusantara Rahmad darmawan Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.257

Bagikan