Hari Bersejarah di Serie A, Tim-tim Besar Bertumbangan

Arief HadiArief Hadi - Senin, 19 September 2022
Hari Bersejarah di Serie A, Tim-tim Besar Bertumbangan
Udinese 3-1 Inter Milan (Twitter)

BolaSkor.com - Pekan tujuh Serie A 2022-2023 layak diingat sebagai momen bersejarah di Serie A. Pada Minggu (18/09) dan Senin (19/09) dini hari WIB tim-tim besar dan bersejarah Serie A bertumbangan.

Sebagaimana diinformasikan oleh Opta Paolo, Inter Milan, Juventus, AS Roma, dan AC Milan menelan kekalahan di satu hari untuk kali pertama terjadi sejak 13 Februari 1955 atau 67 tahun silam. Sebuah pemandangan yang langka memang.

Hal itu tidak mengartikan dominasi atau dinasti klub-klub bersejarah itu berakhir, sebab ini hanya satu laga yang mana pemenang dapat tiga poin dan kalah pulang tanpa poin. Tetapi ketika itu terjadi bersamaan, cukup unik.

Tim pertama yang menelan kekalahan adalah Inter Milan. Il Nerazzurri menghadapi kegigihan dan komitmen bermain yang kuat dari Udinese di Stadio Friuli. Meski sempat unggul 1-0 dari gol Nicolo Barella (5'), Inter justru kena comeback.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Napoli Berjaya di San Siro, Derby Madrid Milik Los Blancos

Monza 1-0 Juventus: September Tak Ceria buat Si Nyonya Tua

Udinese 3-1 Inter Milan: Nerazzurri Kena Comeback, Friulani Naik ke Puncak Klasemen

Udinese berbalik menang dari gol bunuh diri Milan Skriniar (22'), Jaka Bijol (84'), dan Tolgay Arslan (90+3'). Udinese sempat berada di puncak klasemen sebelum diambialih lagi oleh Napoli yang mengalahkan AC Milan.

Udinese jadi kuda hitam persaingan di empat besar Serie A, sementara Napoli yang jadi salah satu kandidat juara mengalahkan sang juara bertahan, Milan di San Siro, dengan skor 2-1 melalui gol Matteo Politano (55' penalti) dan Giovanni Simeone (78') yang diperkecil gol Olivier Giroud (69').

Kemenangan itu menghentikan catatan 22 laga tak pernah kalah Milan di Serie A, sekaligus menjadi kemenangan ketiga beruntun Napoli di San Siro (pertama sejak 1979).

Pada laga lainnya pun demikian. Juventus di luar dugaan kalah 0-1 dari tim promosi, Monza, melalui gol Christian Gytkjaer (74'). Itu jadi kemenangan pertama sepanjang masa Monza di Serie A melawan tim bersejarah dan paling sukses di kompetisi.

Juventus memang ada dalam periode minor, meski begitu hasil tersebut masih mengejutkan karena di atas kertas tim arahan Massimiliano Allegri seharusnya dapat menaklukkan Monza.

Terakhir adalah AS Roma-nya Jose Mourinho yang kalah 0-1 melawan Atalanta di Stadio Olimpico. Gol Atalanta dicetak Giorgio Scalvini (35') dan Roma dibuat kesulitan mencetak gol, meski punya 57 persen penguasaan bola, 21 tendangan (lima tepat sasaran).

Dampak dari pekan tujuh Serie A 2022-2023 itu menjadi menarik jika melihat empat besar. Ya, saat ini di urutan tersebut ditempati Napoli, Atalanta, Udinese, dan Lazio. Berikut klasemen sementara Serie A di 10 besar:

Serie a Milan AC Milan Inter Milan Roma AS Roma Juventus
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan