BolaSkor.com - Berita mengejutkan datang dari pakar transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano, mengenai Harry Kane. Penyerang Tottenham Hotspur itu tidak hadir di sesi latihan pramusim arahan Nuno Espirito Santo.

Sedianya Kane, yang bermain di Piala Eropa 2020 dengan Inggris hingga final, datang di sesi latihan Tottenham pada Senin (02/08) sore WIB. Akan tapi batang hidungnya tak terlihat dan itu menguatkan rumor hengkangnya.

"Dikonfirmasi. Harry Kane tidak muncul untuk sesi latihan Tottenham seperti yang dilaporkan Penyiar Sky Sports, Paul Gilmour. Diberitahu itu pilihan Kane dan tidak terkait tes Covid," tutur Romano.

"Kane berasumsi bahwa dia punya kesepakatan personal dengan klub sejak tahun pertama untuk meninggalkan Spurs di musim panas ini."

Baca Juga:

Harry Kane Tabuh Genderang Perang kepada Tottenham

Menanti Peperangan Harry Kane dan Tottenham di Bursa Transfer

5 Pemain yang Mangkir Latihan karena Ingin Pindah

Harry Kane

Dengan adanya hasrat Kane untuk meraih trofi, meningkatkan level bermain, pemain yang diincar Manchester City dan klub Eropa lainnya itu sebelumnya memang ingin meninggalkan Spurs.

Kane (28 tahun) sudah berada di akademi Spurs dari 2004 dan promosi pada 2009, sempat dipinjamkan ke Leyton Orient, Millwall, Norwich City, dan Leicester City. Spurs ingin mempertahankannya tapi itu bertolak belakang dengan keinginan Kane.

Banyak cara dilakukan pemain agar bisa hengkang dari klub yang memaksa (dan punya hak karena kontrak) mempertahankan mereka, salah satu yang paling sering dilakukan adalah mangkir latihan seperti yang dilakukan Kane.

Kane bukan satu-satunya. Ada juga Neymar dan Antoine Griezmann yang melakukannya dengan PSG dan Atletico Madrid, tapi Neymar pada akhirnya bertahan di PSG sementara Griezmann pergi dari Atletico ke Barcelona di musim berikutnya.

Berikut lima nama pemain lain yang memberontak kepada klubnya agar bisa hengkang:

1. Laurent Koscielny

Pada 2019 di pramusim bek asal Prancis, Laurent Koscielny menolak ikut tur pramusim dan sesi latihan Arsenal arahan Unai Emery. Koscielny yang sudah membela Arsenal selama sembilan tahun meminta klub memutus kontraknya dan itu ditolak Arsenal.

The Gunners sempat memberinya sanksi dan pada akhirnya mereka menerima tawaran Girondins Bordeaux, disinyalir mencapai 4,6 juta poundsterling, untuk melepas Koscielny.

Sang pemain memang sudah berhasrat kembali ke Prancis dan kini masih aktif bermain di Bordeaux pada usia 35 tahun.

2. Thibaut Courtois

Selepas Piala Dunia 2018, Thibaut Courtois yang seharusnya melapor dan hadir di latihan pramusim Chelsea tak terlihat sama sekali. Courtois memberontak agar Chelsea mau menjualnya ke Real Madrid.

Courtois beralasan agar bisa lebih dekat keluarganya dan pada akhirnya Chelsea menjualnya ke Madrid dan ia teken kontrak enam tahun. Ia langsung jadi musuh publik nomor satu Atletico Madrid karena ia pernah bermain di sana, tapi kini membela rival sekota.

3. Ousmane Dembele

Masih berumur 20 tahun ketika ia memberontak kepada Borussia Dortmund pada 2017, klub yang mempopulerkan namanya meski hanya setahun bermain di sana. Ousmane Dembele benar-benar membuat Dortmund geram.

Dortmund memberi sanksi kepada sang pemain dan pelatih tim kala itu, Peter Bosz tak tahu alasan Dembele mangkir latihan. Usut boleh usut ternyata Barcelona datang dan langsung mengeluarkan 105 plus 40 juta euro untuk merekrutnya.

Pemain berusia 24 tahun masih di Barcelona saat ini, namun kariernya berjalan di tempat karena banyak diterjang cedera.

4. Luka Modric

Kasus Kane bukan sekali saja terjadi di Tottenham, klub London Utara juga pernah mengalaminya pada 2012 kepada bintang mereka Luka Modric. 'Penyihir' dari Kroasia ini sampai mangkir latihan demi dapat pindah ke Real Madrid.

Tottenham mendendanya dan Andre Villas Boaz kesal dengan sikap Modric, tapi klub tak punya pilihan lain. Daripada mempertahankan pemain yang tak lagi berkomitmen lebih baik ia dijual.

Alhasil Modric pergi dengan mahar 30 juta poundsterling ke Madrid dan saat ini masih bermain di sana pada usia 35 tahun.

5. Raheem Sterling

Dengan alasan sakit Raheem Sterling absen berlatih di pramusim Liverpool pada 2015. Meski pada akhirnya muncul berlatih, pikiran Sterling tidak lagi di klub yang membesarkan namanya dan berlatih di akademi.

Kepindahannya ke tim rival, Manchester City dengan mahar 44 juta plus lima juta poundsterling semakin membuat fans Liverpool kesal kepadanya. Sampai saat ini fans tidak pernah melupakan pengkhianatan tersebut.

Selain kelima nama di atas masih ada dua nama lainnya yang memberontak alias mangkir latihan, yakni Dimitri Payet di West Ham United dan Diego Costa di Chelsea. Payet pada akhirnya ke Olympique Marseille pada 2017 dan Costa ke Atletico pada 2018.