BolaSkor.com - Leg dua 16 besar Liga Europa telah berakhir. Seluruh pertandingan berlangsung Jumat (15/3) dini hari WIB. Hasilnya, dua klub London, Arsenal dan Chelsea, melaju ke perempat final. Sementara perjalanan Inter Milan berakhir.

Chelsea meraih kemenangan dengan mudah atas lawannya yang berasal dari Ukraina, Dynamo Kiev, melalui kemenangan dengan skor telak, 5-0 di NSC Olimpiyskiy. Olivier Giroud melesakkan hat-trick gol, diikuti satu gol dari Marcos Alonso dan Callum Hudson-Odoi.

The Blues lolos dengan agregat gol total 8-0 usai menang 3-0 di leg pertama di Stamford Bridge. Tim asuhan Maurizio Sarri sepenuhnya layak menang dengan skor telak tersebut karena unggul penguasaan bola 63 berbanding 37 persen, serta melepaskan 14 tendangan dan delapan di antaranya tepat sasaran.

Baca Juga:

Dynamo Kiev Vs Chelsea, Rotasi Pemain The Blues

Dynamo Kiev Vs Chelsea: Statistik Menyebut The Blues 90 Persen akan Lolos

Arsenal Vs Rennes: Menanti The Gunners Ulangi Comeback Gemilang Fulham

Olivier Giroud cetak hat-trick gol ke gawang Dynamo Kiev

Kala Chelsea melaju dengan mulus ke delapan besar Liga Europa 2018-19, tim London lainnya, Arsenal, melakukan comeback gemilang usai kalah 1-3 dari Stade Rennais di leg satu yang berlangsung di Prancis.

The Gunners menang 3-0 kala memainkan leg dua di Stadion Emirates. Rennes asuhan Julien Stephan dibuat tidak berkutik mencetak gol dan kebobolan gol melalui dua gol Pierre-Emerick Aubameyang (5' dan 72') dan Ainsley Maitland-Niles (15').

Pasukan Unai Emery melanjutkan momentum positif usai menang 2-0 melawan Manchester United akhir pekan lalu di Premier League. Kali ini, Arsenal bermain dengan efektif dan memanfaatkan dengan baik penguasaan bola 55 persen yang mereka miliki.

Arsenal lolos dengan agregat gol 4-3 dan perjalanan Emery untuk meraih titel Liga Europa keempat, setelah sebelumnya menang tiga kali beruntun dengan Sevilla, berlanjut.

Pierre-Emerick Aubameyang cetak dua gol ke gawang Frankfurt

Berbeda dengan kedua klub asal London itu, perjalanan Inter justru kandas alias terhenti di 16 besar. Imbang tanpa gol di leg pertama melawan Eintracht Frankfurt, Nerazzurri kalah 0-1 di leg dua yang berlangsung di San Siro.

Satu-satunya gol Frankfurt diciptakan oleh striker yang sedang diburu banyak klub Eropa, Luka Jovic, pada menit kelima pertandingan. Inter tidak mampu menjebol gawang Kevin Trapp. Kekalahan ini semakin mengeruhkan masalah untuk Luciano Spalletti.

Pada pertandingan tersebut Inter bermain tanpa Radja Nainggolan, Mauro Icardi, Lautaro Martinez, dan Kwadwo Asamoah. Hasilnya dapat ditebak: Inter monoton meski mendominasi penguasaan bola sebanyak 54 persen berbanding 46 persen Frankfurt.

Eintracht Frankfurt menang 1-0 di San Siro

Permainan tuan rumah mudah ditebak dan Frankfurt lebih efektif bermain menciptakan banyak peluang. Tim asal Jerman mengakhiri rekor tak pernah kalah Inter di enam laga sebelumnya di kompetisi Eropa.

Sementara Frankfurt melanjutkan catatan mencetak gol tandang menjadi 23 gol dari 12 laga terakhir mereka di Eropa. Tim asuhan Adi Hutter merupakan kuda hitam turnamen musim ini dan menjadi satu-satunya perwakilan Jerman yang melaju ke-16 besar di turnamen antarklub Eropa.

Bayern Munchen dan Borussia Dortmund gagal mengikuti jejak Frankfurt di kompetisi Liga Champions. Beda nasib dengan Inter, Napoli tetap lolos ke delapan besar Liga Europa meski kalah 1-3 dari Red Bull - Napoli unggul agregat gol 4-3.

Berikut hasil lengkap laga leg dua 16 besar Liga Europa:

- Dynamo Kiev 0-5 Chelsea (agregat gol 0-8)
- Krasnodar 1-1 Valencia (agregat gol 2-3)
- Red Bull 3-1 Napoli (agregat gol 3-4)
- Benfica 3-0 Dinamo Zagreb (agregat gol 3-1)
- Slavia Praha 4-3 Sevilla (agregat gol 6-5)
- Inter 0-1 Frankfurt (agregat gol 0-1)
- Villarreal 2-1 Zenit (agregat gol 5-2)
- Arsenal 3-0 Rennes (agregat gol 4-3)