BolaSkor.com - Gelaran Copa America 2021 resmi dibuka pada Senin (14./2) dini hari WIB. Timnas Brasil yang bertindak sebagai tuan rumah mengawali langkahnya dengan mulus.

Tergabung di grup A, Brasil berhasil meraih poin penuh saat menantang Venezuela di Estadio Nacional de Brasilia. Selecao menutup laga dengan kemenangan telak 3-0.

Brasil langsung menurunkan para pemain terbaiknya sejak menit pertama. Sementara Venezuela tak bisa melakukan itu karena terserang wabah virus corona.

Baca Juga:

Jadwal Lengkap Copa America 2021, dari Fase Grup hingga Final

Copa America 2021: COVID-19 Serang Timnas Venezuela Jelang Laga Pembuka

Timnas Brasil Batal Boikot Copa America 2021

Brasil vs Ekuador

Meski begitu, Brasil sempat kesulitan membongkar pertahanan Venezuela. Tim asuhan Tite tersebut baru bisa memecah kebuntuan saat laga berjalan 23 menit.

Berawal dari sepak pojok Neymar, bola mampu disundul Richarlison dan jatuh ke kaki Marquinhos. Bek Paris Saint-Germain (PSG) itu tanpa ragu meneruskannya dengan sebuah sontekan untuk menggetarkan jala gawang Venezuela.

Brasil mampu menggandakan keunggulannya pada menit ke-64 lewat penalti Neymar. Hadiah tersebut diberikan wasit setelah Danilo dilanggar di kotak terlarang.

Gabriel Barbosa yang masuk sebagai pengganti akhirnya menutup pesta gol Brasil satu menit jelang waktu normal berakhir. Ia mencetak gol dengan dada memanfaatkan umpan matang Neymar.

Dari pertandingan grup A Lainnya, Kolombia juga mampu meraih tiga poin. Tim asuhan Reinaldo Rueda itu mengalahkan Ekuador dengan skor tipis 1-0 di Arena Pantanal.

Edwin Cardona mencetak gol lewat skema bola mati yang apik.

Gol tunggal kemenangan Kolombia dicetak Edwin Cardona pada menit ke-42. Gol ini cukup langka karena dibuat melalui skema bola mati yang terencana.

Setelah tertinggal, Ekuador mencoba keluar menyerang demi menyamakan kedudukan. Namun usaha tim asuhan Gustavo Alfaro tak membuahkan hasil sehingga skor 1-0 untuk kemenangan Kolombia bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil ini membuat Brasil bertengger di puncak klasemen diikuti Kolombia. Keduanya hanya dipisahkan selisih gol.

Sementara Venezuela harus rela terperosok ke dasar klasemen dan diikuti Ekuador setingkat di atasnya. Peru yang menjadi penghuni grup A juga baru akan bermain pada matchday kedua.

Hasil Matchday pertama grup A Copa America 2021:

Brasil 3-0 Venezuela
Kolombia 1-0 Ekuador