BolaSkor.com - Pertandingan terakhir grup F Piala Eropa 2020 yang dihelat Kamis (24/06) dini hari WIB menutup seluruh pertandingan di fase grup. Drama pertandingan terjadi seru di laga-laga terakhir grup F.

Empat gol tercipta di Ferenc Puskas Stadium, Budapest ketika Portugal bertanding melawan Prancis dan ini bak menjadi laga ulangan final Piala Eropa 2016. Kedua tim bermain menekan sejak awal laga.

Pada menit 27 Portugal mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu dari penalti setelah Hugo Lloris melanggar Danilo yang coba menanduk bola. Cristiano Ronaldo tanpa ampun mengonversinya jadi gol ke gawang Prancis. 1-0.

Jelang turun minum Prancis sukses menyamakan kedudukan dan kembali dari penalti. Nelson Semedo melanggar Kylian Mbappe dan Karim Benzema, seperti Ronaldo, dengan tenang mencetak gol ke gawang Portugal yang dijaga Rui Patricio. 1-1.

Kala babak kedua dimulai baru dua menit Prancis berbalik unggul. Paul Pogba dengan visi bermain dan operannya memberikan bola kepada Benzema. Mantan rekan setim Ronaldo di Real Madrid itu mengonversinya jadi gol 2-1 untuk Prancis.

Baca Juga:

Cara Menentukan Peringkat Tiga Terbaik pada Piala Eropa 2020

Akan Hadapi Prancis, Portugal, atau Jerman di 16 Besar, Inggris Tak Ciut Nyali

Hasil dan Klasemen Akhir Grup E: Spanyol Temani Swedia ke 16 Besar

Gol Karim Benzema

Penalti kembali tercipta di menit 58. Bek Prancis Jules Kounde melakukan handball ketika coba menghentikan bola Ronaldo dan Ronaldo kembali mengecoh Lloris untuk kedua kalinya. Kedudukan sama kuat 2-2.

Tidak ada gol yang kembali tercipta sampai lima menit tambahan waktu berakhir di babak kedua dan laga berakhir sama kuat 2-2. Prancis memuncaki klasemen grup F dan lolos bersama Portugal yang menempati urutan tiga klasemen (peringkat tiga terbaik).

Sementara keajaiban nyaris diciptakan oleh Hungaria di Allianz Arena kala melawan Jerman. Hungaria bahkan sempat unggul 1-0 kala Adam Szalai mencetak gol di menit 11 kala memaksimalkan serangan balik dan umpan silang rekan setimnya.

Jerman dibuat bekerja keras hingga gol penyama kedudukan baru tercipta di menit 66. Berawal dari tendangan bebas Joshua Kimmich bola gagal diantisipasi Peter Gulacsi, disambut Mats Hummels yang mendeflesikannya kepada Kai Havertz dan berbuah gol hingga kedudukan sama kuat 1-1.

Semenit setelah laga diulang kembali dari kick-off Hungaria secara mengejutkan kembali mencetak gol. Kali Szalai memberi assist untuk gol yang dicetak Andras Schafer dan membawa Hungaria unggul 2-1.

Gol Leon Goretzka

Jerman ada di lubang jarum dan berpotensi angkat koper dini. Tapi Leon Goretzka menyelamatkan nasib Jerman melalui golnya di menit 84 dengan upaya kedua ketika bola sepakan pertamanya diblok.

Pertandingan berakhir imbang 2-2 dan Jerman lolos ke-16 besar sebagai runner-up. Prancis, Jerman, Portugal lolos ke fase gugur sementara itu Hungaria yang telah bekerja keras harus menerima fakta terdampar di dasar klasemen.

Berikut klasemen akhir dari grup F Piala Eropa 2020:

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini