BolaSkor.com - Serie A 2021-2022 resmi berakhir pada Minggu (22/5) waktu setempat. Sejumlah laga yang digelar hingga pekan ke-38 sangat menentukan.

Tentunya, atensi utama mengarah ke perburuan gelar. Sebab, AC Milan dan Inter Milan hanya terpaut dua poin hingga pekan ke-37.

Pada saat itulah Milan tampil tenang dan menunjukkan mental juara. Rossoneri membungkam Sassuolo 3-0 pada laga pamungkas. Oleh karena itu, skuad asuhan Stefano Pioli tersebut menyegel gelar kendati pada sisi lain Inter juga unggul 3-0 dari Sampdoria pada pertandingan terakhir.

Sementara itu, peringkat ketiga dan keempat secara berurutan menjadi milik Napoli dan Juventus. Kedua klub tersebut menemani duo Milan lolos ke Liga Champions.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Akhir Premier League: Man City Juara, Arsenal dan Man United Main di Liga Europa

Respons Balik, Evra Sebut Guardiola Menang Liga Champions karena Punya Lionel Messi

Penampakan Jersey Anyar Klub-klub Top Eropa Musim 2022-2023

Persaingan untuk memperebutkan tiket Liga Champions juga tidak kalah menarik. Hasilnya, Lazio dan AS Roma yang mendapatkannya. Lazio bercokol pada posisi kelima klasemen akhir dan Roma satu tempat di bawahnya. Poin kedua tim juga hanya terpaut satu.

Menariknya, Fiorentina menjadi klub Italia berikutnya yang akan bermain di Eropa pada musim depan. La Viola yang mengakhiri kompetisi pada pos ketujuh berhak melenggang ke Conference League. Itu adalah pertama kalinya Fiorentina tampil di kompetisi Eropa sejak terakhir kali pada 2017.

Keberhasilan Fiorentina itu sekaligus menjadi mimpi buruk untuk Atalanta yang gagal menembus kompetisi Eropa. La Dea harus puas hanya duduk pada posisi kedelapan klasemen akhir.

Persaingan tak kalah sengit terjadi di papan bawah. Setelah Venezia dan Genoa dipastikan turun kasta pada beberapa pekan sebelum laga pamungkas, ada satu tempat lainnya yang dihindari para penghuni kasta terbawah.

Akhirnya, Cagliari yang menangis di akhir kompetisi. Cagliari yang duduk pada posisi ke-18 klasemen akhir dipastikan terdegradasi. Sementara itu, Salernitana selamat berkat penampilan yang membaik jelang akhir musim.

Untuk urusan pemain terbaik, Rafael Leao yang menjadi pemenangnya. Peran pentingnya dalam perjalanan Milan meraih Scudetto memang sulit ditepiskan. Apalagi, ia juga mendulang beberapa gol penentu kemenangan.

Sementara itu, gelar top skorer dan penyerang terbaik menjadi milik Ciro Immobile. Sang striker mengakhiri musim ini dengan torehan 27 gol dalam 31 penampilan.

Beralih ke gelandang terbaik Serie A musim ini, penggawa Inter, Marcelo Brozovic keluar sebagai pemenang. Adapun, bek terbaik di Italia musim ini adalah palang pintu Torino, Gleison Bremer. Sementara itu, Stefani Pioli menjadi pelatih terbaik musim ini.

Untuk kategori penjaga gawang terbaik, Mike Maignan yang terpilih. Itu adalah untuk kedua kalinya Milan menempatkan pemainnya pada prestasi kiper terbaik dalam dua musim terakhir. Sebab, sebelumnya penghargaan itu menjadi milik Gianluigi Donnarumma.

Klasemen akhir Serie A 2021-2022