BolaSkor.com - Nigeria membuktikan diri sebagai salah satu kandidat juara Piala Afrika 2021. Super Eagles menjadi tim pertama dari grup D yang melaju ke fase gugur.

Nigeria kembali meraih kemenangan saat melakoni laga kedua fase grup. Tim asuhan Augustine Eguavoen menghancurkan Sudan dengan skor 3-1.

Tiga gol kemenangan Nigeria diciptakan Samuel Chukwueze (3'), Taiwo Awoniyi (45'), dan Moses Simon (46'). Sementara Sudan hanya mampu membalas satu kali melalui penalti Walieldin Khidir (70').

Baca Juga:

COVID-19 Bikin Jantung Aubameyang Bermasalah

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Tuan Rumah Lolos ke Fase Gugur

Piala Afrika 2021: Pelatih Nigeria Beberkan Kunci Sukses Matikan Mo Salah

Hasil ini membuat Nigeria kokoh di puncak klasemen dengan poin enam. Mereka hanya butuh hasil imbang saat berhadapan dengan Guinea-Bissau pada laga terakhir untuk mengunci status juara grup.

Di pertandingan lain grup D, Mesir mampu mengalahkan Guinea-Bissau dengan skor tipis 1-0. Hasil ini menghidupkan peluang pharaohs untuk lolos ke babak 16 besar.

Mohamed Salah menjadi pahlawan kemenangan Mesir. Bintang Liverpool itu mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan ini pada menit ke-69.

Guinea-Bissau sebenarnya sempat menyamakan kedudukan lewat tembakan spektakuler Mama Balde. Namun gol itu dianulir VAR karena sang pemain dianggap lebih dulu melakukan pelanggaran.

Tambahan tiga poin membawa Mesir naik ke peringkat kedua. Meski begitu, posisi mereka belum aman karena masih bisa disalip Sudan dan Guinea-Bissau.

Hasil pertandingan Piala Afrika, Minggu (16/1) dini hari WIB:

Nigeria 3-1 Sudan
Guinea-Bissau 0-1 Mesir