BolaSkor.com - Timnas Kamerun yang notabene tuan rumah Piala Afrika 2021 menunjukkan pesan serius kepada tim-tim rival akan keseriusan mereka memenangi turnamen. Kamerun arahan Toni Conceiao jadi tim pertama yang lolos ke-16 besar.

Menjamu Ethiopia di Paul Biya Stadium, Kamis (13/01) malam WIB, Kamerun pesta gol 4-1 dengan permainan yang meyakinkan. Dari 17 percobaan tendangan (tujuh tepat sasaran) empat gol tercipta.

Keempat gol itu dilesakkan oleh dua gol Karl Toko Ekambi (8' 67') dan Vincent Aboubakar (53' 55') yang diperkecil gol Dawa Hotessa Dukele (4'). Gol cepat dari Dukele itu melecut semangat Kamerun. Aboubakar saat ini jadi top skorer sementara turnamen dengan empat gol.

Aboubakar (29 tahun) saat ini membela Al Nassr punya akurasi operan bola 100 persen di laga itu, 30 sentuhan bola, lima tendangan, tiga tepat sasaran, dua kali menciptakan peluang dan menorehkan dua gol.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Awal Bagus Tuan Rumah

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Pantai Gading Menang, Debut Manis Gambia

Piala Afrika 2021: Pelatih Nigeria Beberkan Kunci Sukses Matikan Mo Salah

Selebrasi gol Karl Toko Ekambi

Menariknya, separuh dari seluruh gol yang sejauh ini tercipta di Piala Afrika 2021 datang dari laga-laga Kamerun (delapan dari 17 gol - enam kali mencetak gol dan dua kali kebobolan).

Kamerun lolos ke fase gugur tapi perebutan satu tempat lainnya dari grup A masih sengit direbutkan Burkina Faso dan Cape Verde. Burkina meraih kemenangan 1-0 atas Cape Verde di Paul Biya Stadium, Jumat (14/01) dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan di laga itu dilesakkan oleh Boureima Hassane Bande di menit 39. Burkina melesakkan satu gol dari empat sepakan tepat sasaran dan 11 percobaan tendangan, sedangkan Cape Verde hanya dapat melepaskan dua sepakan tepat sasaran meski menguasai bola sebanyak 56 persen.

Burkina Faso 1-0 Cape Verde

Alhasil, Burkina Faso dan Cape Verde kini sama-sama mengoleksi tiga poin. Tuga Cape Verde pun berat karena di laga terakhir melawan Kamerun sementara Burkina melawan tim juru kunci Ethiopia.

Berikut klasemen grup A Piala Afrika 2021 setelah dua pertandingan: