BolaSkor.com - Jerman memastikan tiket ke putaran final Piala Eropa 2020 setelah menang telak 4-0 saat menjamu Belarus di Monchengladbach, pada laga Grup C, Minggu (17/11) dini hari WIB.

Keempat gol Jerman disumbang Matthias Ginter pada menit 41, Leon Goretzka (49), dan Toni Kroos (55, 83). Kemenangan ini membawa Jerman memuncaki Grup C dengan koleksi 18 poin dari dari tujuh pertandingan.

Jerman lolos ditemani Belanda yang harus rela turun ke posisi kedua klasemen Grup C setelah bermain imbang tanpa gol melawan Irlandia Utara di Windsor Park. Pasukan Ronaldo Koeman meraih 16 poin, unggul tiga angka atas Irlandia Utara, yang masih berpeluang lolos melalui playoff pada Maret mendatang.

Di Grup I, kakak beradik Eden dan Thorgan Hazard membawa Belgia menjaga kesumparnaan mereka setelah membekuk tuan rumah Rusia 4-1 di Stadion Saint Petersburg.

Thorgan membuka keunggulan Belgia sebelum sang kakak Eden membuat dua gol Eden yang dilengkapi oleh Romelu Lukaku. Gol semata wayang Rusia dibuat Georgiy Dzhikiya.

Hasil itu menjadi kemenangan kesembilan dalam sembilan pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 yang sudah dijalani tim besutan Roberto Martinez. Belgia kokoh di puncak klasemen Grup I dengan 27 poin.

Dalam dua pertandingan lain di Grup I, Skotlandia dan Kazakhstan juga menang atas lawan masing-masing. Skotlandia yang menang 2-1 di markas Siprus. Sedangkan Kazakhstan menang 3-1 atas San Marino.

Sementara di Grup E, Kroasia merebut satu tiket Piala Eropa 2020 berkat kemenangan 3-1 atas Slovakia. Sedangkan Wales menjaga asa lolos ke putaran final usai menang 2-0 atas Azerbaijan. Wales akan berduel melawan Hungaria di Cardiff pada Rabu (20/11) WIB untuk memperebutkan tiket. Saat ini Wales ada di peringkat ketiga dengan 11 poin, sedangkan Hungaria di posisi kedua dengan keunggulan satu angka.

Dari Grup G, Austria merebut tiket lolos ke putaran final menyusul kemenangan 2-1 atas Macedonia Utara. Mereka mengikuti jejak Polandia yang terlebih dulu lolos.


Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020
Grup C
Jerman 4 - 0 Belarus
Irlandia Utara 0 - 0 Belanda

Grup E
Azerbaijan 0 - 2 Wales
Kroasia 3 - 1 Slowakia

Grup G
Slovenia 1 - 0 Latvia
Austria 2 - 1 Mekedonia Utara
Israel 1 - 2 Polandia

Grup I
Rusia 1 - 4 Belgia
San Marino 1 - 3 Kazakhstan