Hasil Penelitian Ungkap Lionel Messi Lebih Baik ketimbang Cristiano Ronaldo

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 22 Agustus 2019
Hasil Penelitian Ungkap Lionel Messi Lebih Baik ketimbang Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Zimbio)

BolaSkor.com - Perdebatan mengenai dua megabintang dan pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, tidak pernah berakhir. Guna menyelesaikannya, sejumlah figur peneliti melakukan penelitian mendalam untuk membandingkan keduanya.

Dilansir dari AS, sejumlah profesor sains komputer di Universitas KU Leuven bekerja sama dengan ahli sains olahraga Belanda dalam membuat program perhitungan pemain. Program itu bernama Valuing Actions by Estimating Probabilities (VAEP).

Cara kerja program itu memperhitungkan setiap aksi: tembakkan, operan, dribel, tekel, assist, serta gol rata-rata dari 1.600 penampilan. Profesor Universitas KU Leuven, Jesse Davis, menjelaskan cara kerja program itu.

Baca Juga:

Lambang Spesial untuk Cristiano Ronaldo dan 5 Pemain Terbaik Serie A

Tiga Kandidat Utama Peraih Penghargaan Pemain Terbaik Eropa 2019

Inflasi Harga Pemain dan Era Sepak Bola Modern di Mata Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

"Nilai penampilan pemain dalam sepak bola acap kali ditentukan berdasarkan gol dan assist. Namun, gol merupakan peristiwa yang jarang terjadi. Rata-rata dari 1.600 penampilan ditaksir terjadi di pertandingan," tutur Davis.

"Model kami memperhitungkan setiap aksi, tembakan, operan, dribel, tekel, dan mengkalkulasi nilai mereka," tambah dia.

Data itu ditambah dengan kontribusi pemain-pemain untuk tim atau hasil akhir laga. Penelitian itu menilai performa Ronaldo dan Messi dari LaLiga musim 2013-14 hingga 2017-18. Hasilnya, perolehan poin Messi lebih tinggi (1,21) ketimbang Ronaldo (0,61).

"Hasil studi memperlihatkan Messi lebih menentukan dengan poin 1,21 melawan rivalnya dari Portugal (0,61). Mereka (studi) menyingkirkan performa tiap pemain dari Liga Champions, Copa del Rey, dan laga-laga internasional, faktor yang di beberapa poin dapat jadi kunci pembeda," demikian pernyataan di AS.

Breaking News Cristiano Ronaldo Lionel Messi Barcelona Real Madrid
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan