BolaSkor.com - Gelaran Bundesliga dan Ligue 1 2021-2022 telah menemukan juaranya. Bayern Munchen dan Paris Saint-Germain (PSG) memastikan diri sebagai yang terbaik di liga domestik.

Munchen mengunci gelar juara Bundesliga saat kompetisi masih tersisa tiga pekan. Kemenangan dengan skor 3-1 atas Borussia Dortmund di Allianz Arena, Sabtu (23/4), memastikan hal itu.

Sebelum pertandingan dimulai kedua tim terpisah sembilan poin. Munchen sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk mengunci gelar juara.

Baca Juga:

Bayern Minta Barcelona Serahkan Gavi jika Ingin Lewandowski

Lewandowski Memang Ingin Tinggalkan Bayern Munchen

5 Klub dengan Catatan Tak Pernah Kalah Terpanjang di Lima Liga Top Eropa

Namun Munchen tetap tampil ngotot demi memburu kemenangan. Tiga gol ke gawang Dortmund berhasil dicetak oleh Serge Gnabry (15'), Robert Lewandowski (34'), dan Jamal Musiala (83').

Sementara Dortmund hanya mampu membalas satu kali melalui penalti Emre Can pada menit ke-52. Munchen pun mengamankan trofi Bundesliga kesepuluh secara beruntun atau yang ke-32 secara keseluruhan.

Beralih ke Prancis, PSG juga mampu mengakhiri perburuan gelar juara Ligue 1 musim ini. Hasil imbang 1-1 kontra Lens pada laga di Parc des Princes, Minggu (24/4) dini hari WIB, sudah cukup mengembalikan dominasi Les Parisiens.

PSG sebenarnya tampil ngotot untuk meraih kemenangan. Tampilnya trio Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe di lini depan sudah menjelaskan hal itu.

PSG tampil dominan dan mengurung pertahanan Lens. Namun tim asuhan Mauricio Pochettino baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-68 melalui sepakan keras Messi dari luar kotak penalti.

Kemenangan PSG yang sudah di depan mata akhirnya buyar. Corentin Jean merusak pesta juara tuan rumah usai mencetak gol balasan Lens hanya dua menit sebelum waktu normal berakhir.

Skor 1-1 akhirnya bertahan hingga laga usai. Namun tambahan satu poin sudah cukup membuat PSG tak mungkin tergeser dari puncak klasemen.

PSG kini mengemas 78 poin dengan empat laga tersisa. Sementara Olympique Marseille yang duduk di peringkat kedua tertinggal 16 poin.

Real Betis Juara Copa del Rey

Sementara dari Spanyol, Real Betis keluar sebagai juara Copa del Rey. Pada laga final, tim asuhan Manuel Pellegrini menaklukkan Valencia lewat drama adu penalti.

Duel kedua tim underdog yang berlangsung di Estadio de La Cartuja, Minggu (24/4) dini hari WIB, berlangsung sengit. Betis dan Valencia sama-sama ngotot meraih gelar juara.

Betis mampu unggul lebih dulu pada menit kesebelas melalui sundulan Borja Iglesias. Tandukannya memanfaatkan umpan matang Hector Bellerin bersarang telak di gawang Valencia.

Namun keunggulan Betis tak bertahan lama. Valencia mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-30 lewat penyelesaian akhir yang tenang dari Hugo Duro.

Betis dan Valencia punya sejumlah peluang emas lain untuk mencetak gol. Sayangnya skor 1-1 tak berubah hingga waktu normal berakhir.

Laga terpaksa dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Akan tetapi, kedua tim tetap tak mampu mencetak gol kemenangan hingga 120 menit berlalu.

Adu penalti menjadi opsi terakhir untuk mencari pemenang. Pada babak ini, Betis lebih beruntung karena lima penendangnya sukses menjalankan tugas.

Sementara Yunus Musah menjadi pesakitan di kubu Valencia. Tembakan eksekutor keempat itu justru melebar.

Betis pun menutup adu penalti dengan kemenangan 5-4. Los Verdiblancos meraih trofi Copa del Rey ketiganya sepanjang sejarah.