Hasil Piala AFF 2022: Kalahkan Filipina, Timnas Indonesia Runner-Up Grup A

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 02 Januari 2023
Hasil Piala AFF 2022: Kalahkan Filipina, Timnas Indonesia Runner-Up Grup A
Selebrasi Marselino Ferdinan setelah bobol gawang Filipina. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia menutup laga Grup A Piala AFF 2022 dengan kemenangan. Tim Garuda berhasil mengalahkan Filipina 2-1 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1) malam WIB.

Di awal pertandingan Filipina tampil menggebrak. Mereka langsung menekan pertahanan Indonesia, salah satunya lewat tendangan Stephan Schorck yang masih bisa ditepis Nadeo Argawinata.

Sebelumnya, Indonesia juga sempat mengancam gawang Filipina dari sepakan Saddil Ramdani yang hanya menghasilkan sepak pojok saja.

Gol yang ditunggu Indonesia datang pada menit ke-21 lewat sundulan Dendy Sulistyawan. Pemain Bhayangkara FC itu memanfaatkan lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Tiga menit kemudian petaka datang untuk Indonesia karena Nadeo Argawinata mengalami cedera. Kiper Bali United itu kemudian digantikan oleh Syahrul Trisna.

Indonesia punya kesempatan menambah keunggulan lewat Dendy Sulistyawan dan Fachruddin Aryanto. Namun, keduanya belum berhasil menceploskan bola ke gawang Filipina, padahal sudah tinggal berhadapan dengan kiper lawam.

Beruntung sebelum turun minum (43’) Marselino Ferdinan berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah melakukan umpan satu-dua dengan Witan Sulaeman. Bola yang dilepaskan Marselino tepat di garis kotak penalti meluncur ke pojok kiri bawah gawang Filipina yang sulit dijangkau Anthony Pinthus.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Fokus Kalahkan Filipina, Shin Tae-yong Tak Ambil Pusing soal Lawan di Semifinal

Shin Tae-yong Pastikan Jordi Amat Absen Lawan Filipina karena Akumulasi Kartu

Memasuki babak kedua, Filipina kembali tancap gas. Namun, berbagai peluang yang didapatkan masih bisa diamankan barisan pertahanan Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, merespons itu dengan memasukkan Egy Maulana Vikri dan Yakob Sayuri untuk menambah daya gedor Garuda yang masih mencari gol tambahan.

Keputusan ini cukup tepat karena Egy mampu membuat pertahanan Filipina kerepotan. Dia pun sempat mencatatkan peluang emas, tapi belum menjadi gol.

Saat Indonesia terus menekan, Filipina berhasil mencetak gol melalui sundulan Jens Rasmussen pada menit ke-82. Dia memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Indonesia.

Itu menjadi gol terakhir yang tercipta di pertandingan ini sehingga skor akhir menjadi 1-2 untuk Indonesia. Hasil ini membuat Indonesia mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan.

Indonesia (+9) harus puas hanya menjadi runner-up Grup A, karena kalah selisih gol dari Thailand (+11) yang di saat bersamaan mengalahkan Kamboja 3-1. Thailand dan Indonesia sama-sama mengoleksi 10 poin.

Di babak semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup B. Indonesia akan terlebih dahulu jadi tuan rumah pada 6 Januari sebelum bertandang ke markas lawannya pada 9 Januari.

Timnas Indonesia Filipina Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.257

Bagikan