BolaSkor.com - Fase 16 besar Piala Afrika 2021 telah rampung berakhir pada Kamis (27/01) dini hari WIB. Dua tim terakhir yang melengkapi fase delapan besar atau perempat final adalah Mesir dan Equatorial Guinea.

Mesir lolos dramatis ketika menghadapi tim kandidat juara lainnya, Pantai Gading, di Douala Stadium, Rabu (26/01) malam WIB. Ketimbang Mesir yang mengandalkan Mohamed Salah dan Mohamed Elneny, Pantai Gading lebih merata di tiap lininya.

Akan tapi Mesir besutan Carlos Queiroz mampu mengimbangi Pantai Gading yang memiliki Nicolas Pepe, Sebastien Haller, Eric Bailly, dan Franck Kessie. Pertandingan di waktu normal berakhir tanpa gol.

Baca Juga:

Hasil Piala Afrika 2021: Senegal dan Maroko Lolos ke Delapan Besar

Piala Afrika 2021: Antusiasme Publik Tuan Rumah Berbuah Petaka

Hasil 16 Besar Piala Afrika 2021: Gambia Bikin Kejutan, Kamerun Melenggang

Pantai Gading vs Mesir

Papan skor itu unik dengan adanya statistik 13 tendangan Pantai Gading (delapan tepat sasaran), serta 21 tendangan Mesir (lima tepat sasaran). Pantai Gading menguasai penguasaan bola 56 persen dan Mesir 44 persen.

Melalui drama adu tendangan penalti, Mesir keluar sebagai pemenang dengan lima eksekutor mereka menjalankan tugas dengan baik, sementara dari Pantai Gading bek Manchester United, Eric Bailly gagal mencetak gol. Mesir lolos dramatis dengan skor 5-4 di adu penalti.

Drama adu penalti itu juga terjadi di Limbe Stadium pada laga Mali melawan Equatorial Guinea. Bedanya laga ini lebih relatif membosankan dengan hanya adanya satu sepakan tepat sasaran dari kedua tim.

Laga berakhir tanpa gol di waktu normal dan berlanjut ke adu tendangan penalti. Guinea secara mengejutkan menyingkirkan Mali dengan skor 6-5 di adu penalti, satu-satunya kegagalan mencetak gol datang dari Mali yakni dari Falaye Sacko.

Selebrasi Equatorial Guinea

Mesir dan Equatorial Guinea melengkapi perempat final Piala Afrika 2021 yang sudah berisikan Gambia, Kamerun, Burkina Faso, Tunisia, Maroko, dan Senegal.