BolaSkor.com - Tim nasional Mesir melangkah ke final Piala Afrika 2021 usai menumbangkan Kamerun pada laga semifinal, di Paul Biya Stadium, Olembe, Jumat (4/2) dini hari WIB. Kemenangan tersebut diraih lewat drama adu tendangan penalti setelah sebelumnya kedua tim bermain sama kuat 0-0.

Pada awal babak pertama Kamerun mencoba membangun inisiatif serangan. Maklum, skuad asuhan Antonio Conceicao itu bermain di depan pendukung sendiri.

Akan tetapi, Mesir tidak kehilangan taji. Mohamed Salah memiliki peluang pada menit ke-8 melalui tendangan kaki kiri. Namun, bola masih menyamping.

Kamerun membalas pada menit ke-18. Michael Ngadeu-Ngadjui mengancam gawang Mesir usai menyambar sepak pojok. Akan tetapi, sundulannya masih menerpa mistar gawang Mohamed Abougabal.

Baca Juga:

Kontestan dan Jadwal Semifinal Piala Afrika 2021

Mesir 2-1 Maroko: Comeback Gemilang The Pharaohs

Hasil Perempat Final Piala Afrika: Kamerun dan Burkina Faso Lolos ke Semifinal

Jelang akhir babak pertama, kedua tim sering jual beli serangan. Namun, tidak ada gol yang tercipta.

Pada babak kedua, situasi tak banyak berubah. Kedua tim tetap gagal memanfaatkan peluang yang diraih.

Contohnya adalah peluang Karl Toko Ekambi pada menit ke-68. Namun, sundulannya menyambut umpan dari sisi sayap masih bisa diamankan.

Sementara itu, Mesir yang mengandalkan Mohamed Salah untuk membongkar pertahanan juga kesulitan. Walhasil, skor 0-0 bertahan hingga babak kedua usai.

Laga pun dilanjutkan ke babak tambahan. Pada waktu tersebut, kedua tim kembali gagal mencetak gol. Sepanjang laga, Kamerun memiliki sembilan tembakan tanpa hasil, sedangkan Mesir tujuh.

Duel pun harus ditentukan melalui adu tendangan penalti. Pada babak tos-tosan tersebut, mental Mesir yang berbicara.

Awalnya, Kamerun mencetak gol melalui Vincent Aboubakar sebagai penendang pertama. Ia menempatkan bola ke tengah gawang.

Mesir membalas lewat Zizo. Tendangan sang pemain mengarahke pojok kanan gawang yang gagal dibendung Andre Onana. Sehingga, skor menjadi 1-1.

Penendang kedua Kamerun, Harold-Desty Moukoudi, gagal menjalankan tugasnya. Tembakannya ke arah kanan bisa diamankan Abougabal.

Mesir memanfaatkan momen dan unggul melalui penendang kedua, Mohamed Abdelmonem. Kemudian, penandang penalti Kamerun, Lea Siliki, kembali gagal menjalankan tugas. Lagi-lagi penampilan gemilang Abougabal yang jadi batu sandungan.

Mesir semakin di atas angin setelah usai Mohanad Lasheen dengan tenang tidak membuang peluang sebagai algojo penalti. Justru Clinton N'jie yang menjadi eksekutor penentu napas Kamerun yang berakhir dengan kegagalan. Walhasil, Mesir keluar sebagai pemenang usai unggul 3-1 pada adu tendangan penalti.

Dengan begitu, Mesir akan melaju ke final menantang Senegal, di Paul Biya Stadium, Senin (7/2) dini hari WIB. Satu hari sebelumnya, akan digelar perebutan tempat ketiga antara Burkina Faso versus Kamerun di Ahmadou Ahidjo Stadium.