Hasil Play-off Piala Dunia 2022: Portugal ke Final, Italia Gugur

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 25 Maret 2022
Hasil Play-off Piala Dunia 2022: Portugal ke Final, Italia Gugur
Timnas Italia 0-1 Makedonia Utara (Twitter)

BolaSkor.com - Semifinal play-off Piala Dunia 2022 telah berlangsung pada Jumat (25/03) dini hari WIB. Empat pertandingan dihelat dan dua di antaranya melibatkan negara besar yakni Portugal dan Italia.

Portugal dan Italia berada di jalur C sehingga apabila mereka lolos ke final maka keduanya akan bertemu. Portugal melawan Turki di Estadio do Dragao dan melalui hadangan tim arahan Stefan Kuntz dengan baik.

Cristiano Ronaldo dkk menang telak 3-1. Dengan dukungan suporter tuan rumah Portugal mendominasi penguasaan bola 60 persen, melepaskan 16 tendangan dan delapan di antaranya tepat sasaran (tiga berbuah gol).

Di babak pertama Portugal sudah unggul 2-0 dari gol Otavio (15') dan Diogo Jota (42'). Di babak kedua Turki memperkecilnya dari gol Burak Yilmaz (65') tapi gol dari Matheus Nunes (90+4') mengakhiri laga untuk kemenangan Portugal.

Baca Juga:

Bencana jika timnas Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Suram di Man United, Ronaldo dan Fernandes Siap Tempur dengan Portugal

Jadwal dan Informasi Seputar Play-off Piala Dunia 2022

Selebrasi gol timnas Portugal

Ketika publik sudah mengira Portugal akan melawan Italia di final namun nyatanya tidak demikian. Secara mengejutkan Gli Azzurri menelan kekalahan 0-1 dari Makedonia Utara di Renzo Barbera.

Di sepanjang laga Italia mendominasi permainan (66 persen) dan melepaskan 32 tendangan (tapi hanya lima tepat sasaran). Meski begitu Makedonia bertahan dengan solid dan mengancam dari serangan balik.

Disiplin dan fokus mereka saat bertahan terjaga selama 90 menit penuh. Parahnya lagi pada menit 90+2 Aleksandar Trajkovski membuat seisi Renzo Barbera dan Italia terdiam melalui golnya.

Gol Aleksandar Trajkovski

Trajkovski (29 tahun), bermain di Al-Fayha, berlari di antara kepungan pemain Italia dan melepaskan tendangan jarak jauh yang tidak dapat ditepis Gianluigi Donnarumma. Gol itu memberikan Makedonia Utara kemenangan bersejarah dan juga menyingkirkan Italia.

Italia untuk kali kedua beruntun gagal lolos Piala Dunia setelah terakhir terjadi pada 2018 di bawah asuhan Gian Piero Ventura. Ironisnya, baru setahun lalu (2021) Italia menjadi juara Piala Eropa 2020.

Sementara di laga lainnya Wales menang 2-1 atas Austria dan melaju ke final. Wales akan menanti pemenang antara Ukraina kontra Skotlandia. Laga itu ditunda karena situasi panas di Ukraina terkait serangan Rusia.

Sedangkan Polandia sudah berada di final setelah lawan mereka Rusia dilarang bermain karena sanksi dari FIFA dan UEFA. Polandia akan melawan Swedia di final.

Berikut hasil lengkap play-off Piala Dunia 2022:

Italia 0-1 Makedonia Utara
Portugal 3-1 Turki
Wales 2-1 Austria
Swedia 1-0 Republik Ceko

Jadwal Final

Portugal vs Makedonia Utara (30/03 - 01.45 WIB)
Polandia vs Swedia (30/03 - 01.45 WIB)

Breaking News Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Kualifikasi Piala Dunia 2022 Italia Timnas Italia Portugal Timnas Portugal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan