Antonio Conte Lebih Superior ketimbang Jose Mourinho

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 25 Februari 2018
Antonio Conte Lebih Superior ketimbang Jose Mourinho
Antonio Conte unggul head to head ketimbang Jose Mourinho (Mike Hewitt - Getty Images)

BolaSkor.com - Perebutan titel Premier League musim ini memang sudah berakhir seiring dominasi yang diperlihatkan Manchester City. Tapi, persaingan merebutkan zona Liga Champions alias empat besar Premier League masih berjalan dengan sangat seru.

Tottenham Hotspur dan Arsenal yang berada di luar empat besar, masih bisa menyalip tiga tim yang berada di atas mereka: Manchester United, Liverpool, dan Chelsea. Oleh karenanya, ketiga klub tersebut tidak memiliki waktu untuk berleha-leha kendati berada di zona Liga Champions saat ini.

Kehilangan poin bukanlah opsi bagi mereka. Tak ayal, pertemuan Man United dengan Chelsea di pekan 28 Premier League, yang berlangsung Minggu, 25 Februari 2018 pukul 21.05 WIB diprediksi akan berlangsung seru. Kedua tim hanya dipisahkan jarak tiga poin saat ini. Chelsea bisa merebut tempat kedua jika memenangi laga melawan Man United.

Menarik untuk dinanti, taktik apa yang diperagakan manajer kedua klub, Jose Mourinho dan Antonio Conte. Melihat kecenderungan taktik mereka yang mengedepankan pertahanan, serta efektivitas serangan dari serangan balik atau situasi bola mati, pertandingan nanti berpotensi berjalan dengan ketat dan menguji kesabaran.

Menyoal pertemuan kedua manajer yang hubungannya memanas karena perang kata keduanya belakangan ini - sejak Conte tiba ke Inggris dan melatih Chelsea, Conte boleh bangga karena unggul duel head to head dengan Mourinho. Dari lima pertemuan terakhir keduanya, Conte telah memenangi tiga laga, seri sekali, dan kalah sekali. Apa saja laga-laga tersebut?

1. Atalanta vs Inter Milan (13 Desember 2009)

Sebelum melatih Juventus, Timnas Italia, dan Chelsea, Conte memulai karier dari tim kecil: Arezzo, Bari, Atalanta, dan Siena. Dari keempat klub yang pernah dibela Conte, pertemuan pertamanya dengan Mourinho terjadi pada 13 Desember 2009 saat ia masih melatih Atalanta, dan Mourinho melatih Inter Milan.

Inter-nya Mourinho jauh lebih superior ketimbang Atalanta. Namun, Atalanta memberikan perlawanan sengit di Atleti Azzurri D'Italia. Sempat tertinggal dari gol Diego Milito, Atalanta menyamakannya via gol Simone Tiribocchi hingga laga berakhir 1-1.

Conte sendiri hanya bertahan setengah musim di Atalanta. Ia meninggalkan Atalanta di urutan 19 klasemen Serie A, dan sepanjang musim berurusan dengan protes fans yang menginginkannya mundur. Conte pun mengajukan surat pengunduran diri. Sedangkan Mourinho, terus melaju dengan Inter hingga akhirnya meraih treble winners pada tahun 2010.

2. Chelsea vs Man United (23 Oktober 2016)

Mourinho untuk kali pertamanya kembali ke Stamford Bridge, setelah dipecat pada periode keduanya melatih Chelsea di musim 2015/16. Para pemain Chelsea yang di musim sebelumnya terpuruk kala finish di urutan 10 klasemen Premier League, tampak membalaskan dendam luka tersebut melalui kemenangan telak 4-0.

Empat gol Chelsea dicetak oleh Pedro Rodriguez, Gary Cahill, Eden Hazard, dan N'Golo Kante. Sambutan yang "hangat" dari pemain Chelsea kepada Mourinho. Pasca laga, Mourinho pun memulai kontroversinya, ketika menghampiri Conte dan berkata selebrasi golnya terlalu berlebihan ketika Chelsea unggul 4-0, seakan tidak menghargai lawannya.

3. Chelsea vs Man United (14 Maret 2017)

Takdir kembali mempertemukan Chelsea dengan Man United. Kali ini terjadi di perempat final Piala FA. Pertandingan kembali berlangsung di Stamford Bridge dengan pemenang yang sama, Chelsea.

Tuan rumah menang 1-0 melalui gol tunggal Kante melawan 10 pemain Man United. Red Devils kekurangan pemain setelah Ander Herrera diberi kartu merah oleh wasit laga, Michael Oliver. Man United tersingkir dan Mourinho mengeluhkan kartu merah Herrera. Tipikal.

4. Man United vs Chelsea (16 April 2017)

Tren tak pernah menang Mourinho atas Conte berakhir di Teater Impian alias Old Trafford. Man United menang 2-0 di pekan 33 Premier League melalui gol yang dicetak Marcus Rashford dan Herrera. Kemenangan ini menjadi pelipur lara kekalahan di pertemuan pertama, meski pada akhirnya Chelsea tetap menjuarai Premier League.

Keberhasilan Man United mengalahkan Chelsea tak lepas dari taktik jenius Conte, yang menginstruksikan Herrera untuk selalu menjaga pergerakan bintang Chelsea, Hazard. Chelsea frustrasi dan Man United memanfaatkannya dengan efisiensi bermain.

5. Chelsea vs Man United (5 November 2017)

Baru terjadi di awal musim ini dengan sedikit perubahan di kedua tim. Tidak ada lagi Diego Costa di Chelsea yang digantikan Alvaro Morata. Pun demikian dengan keberadaan sosok Romelu Lukaku di lini depan Man United.

Kendati demikian, Chelsea masih tetap superior di Stamford Bridge pada pertandingan yang berlangsung ketat. Duo pemain asal Spanyol, Cesar Azpilicueta dan Morata, menjadi penentu kemenangan 1-0 Chelsea atas Man United. Umpan silang Azpilicueta ditanduk Morata ke gawang Man United tanpa bisa diantisipasi kompatriot mereka, David De Gea.

Breaking News Manchester United Chelsea Jose Mourinho Antonio Conte Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan