BolaSkor.com - Derby Merseyside akan dihelat di pekan lima Premier League antara Everton kontra Liverpool di Goodison Park, Sabtu (17/10) pukul 18.30 WIB. The Toffees - julukan Everton - dalam momentum bagus jelang laga tersebut.

Everton besutan Carlo Ancelotti menyapu bersih empat laga awal liga dengan kemenangan, menorehkan 12 gol dan kebobolan lima gol serta mengoleksi 12 poin. Liverpool ada di urutan lima dengan raihan sembilan poin.

The Reds yang menyandang status juara bertahan terakhir menelan kekalahan pahit 2-7 dari Aston Villa di Villa Park. Pertahanan Liverpool yang solid musim lalu kini telah kebobolan 11 gol, sama dengan jumlah gol yang mereka cetak.

Baca Juga:

James Rodriguez, Carlo Ancelotti, dan Status Everton sebagai Kuda Hitam Persaingan Premier League

Thiago Alcantara dan Sadio Mane Siap Tempur untuk Derby Merseyside

Liverpool bak Singa Terluka Kontra Everton di Derby Merseyside

Rekor pertemuan Ancelotti dengan Jurgen Klopp imbang alias sama kuat. Keduanya sudah bertemu delapan kali - kebanyakan di Liga Champions - dengan catatan: Ancelotti menang tiga kali, Klopp menang tiga kali, dua laga berakhir imbang.

Berikut BolaSkor.com menjabarkan delapan pertemuan terakhir kedua pelatih, enam pertemuan terjadi di fase grup dan sistem dua leg Liga Champions pada fase gugur, berikut penjabaran lengkapnya:

1. Liga Champions 2013-2014

Real Madrid vs Borussia Dortmund

Perempat final Liga Champions 2013-2014. Ancelotti melatih Real Madrid dan Klopp membesut Borussia Dortmund. Pada leg pertama yang berlangsung di Santiago Bernabeu pada 2 April 2014, Madrid mengalahkan Dortmund dengan skor telak 3-0.

Mendominasi permainan sebanyak 58 persen, unggul pengalaman dan kualitas pemain, Madrid melepaskan 16 tendangan tepat sasaran dan tiga di antaranya berbuah gol dari Gareth Bale, Isco, dan Cristiano Ronaldo.

Di leg kedua dengan dukungan fanatik fans Dortmund di Signal Iduna Park, Dortmund coba menciptakan keajaiban. Akan tapi Madrid 'keluar dari lubang jarum' dengan kekalahan 0-2 via dua gol Marco Reus dan lolos ke semifinal dengan agregat gol 3-2.

"Para pemain mengerahkan segalanya sebisa mereka dan saya tak tahu berapa banyak atau kilometer mereka berlari hari ini," tutur Klopp kala itu. Rekor pertemuan Klopp vs Ancelotti: 1-1.

2. Liga Champions 2018-2019

Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp

Empat tahun kemudian kedua pelatih kembali bertemu. Bedanya Klopp telah melatih Liverpool dan melatih di tahun ketiga, sedangkan Ancelotti membesut Napoli di musim debut. Pertemuan Napoli dan Liverpool terjadi di fase grup Liga Champions 2018-2019.

Napoli pertama menjamu Liverpool di San Paolo dan tim tamu merasakan keangkeran San Paolo dengan menerima kekalahan 0-1. Gol tunggal pertandingan itu dicetak Lorenzo Insigne di menit terakhir pertandingan (90').

Kedua tim kembali bertemu di laga terakhir grup yang berlangsung pada Desember 2018. Napoli dan Liverpool sama-sama butuh kemenangan untuk lolos ke fase gugur. Kali ini Liverpool menunjukkan keangkeran Anfield.

Merseyside Merah menang dengan skor tipis 1-0 melalui gol yang dicetak Mohamed Salah di menit 34. Liverpool lolos ke fase gugur bersama PSG sedangkan Napoli turun kasta ke Liga Europa. Jurgen Klopp 2-2 Carlo Ancelotti.

3. Liga Champions 2019-2020

Napoli 2-0 Liverpool

Takdir kembali mempertemukan kedua tim di fase grup Liga Champions, bedanya Liverpool kali ini menyandang status juara bertahan Liga Champions. Lagi-lagi Napoli bermain bagus di San Paolo dan Liverpool dibuat mati kutu dengan kekalahan 0-2 dari gol Dries Mertens (82' penalti) dan Fernando Llorente (90+2').

Lalu pertemuan kedua grup terjadi di Anfield pada November 2019. Kali ini Napoli tidak menelan kekalahan seperti sebelumnya, mampu meraih hasil imbang 1-1 melalui gol Dries Mertens yang dibalas Dejan Lovren. Ancelotti unggul 3-2 rekor pertemuan dengan Klopp dan satu hasil imbang.

4. Piala Liga 2019-2020

Selebrasi gol Curtis Jones

Rotasi besar dilakukan kedua pelatih di putaran tiga Piala Liga 2019-2020. Tidak lama setelah keduanya bertemu di Liga Champions kini mereka bertemu di Inggris, sebab Ancelotti ditunjuk sebagai manajer Everton.

Meski merotasi skuadnya Liverpool masih unggul di Anfield dan memenangi pertandingan dengan skor 1-0 dari gol tunggal yang dicetak Curtis Jones di menit 71. Everton yang memilki Richarlison, Dominic Calvert-Lewin, Gylfi Sigurdsson tak mampu mencetak gol.

"Saya melihat performa yang sangat bagus dari tim yang tidak terlalu berpengalaman dengan banyak pemain yang bermain untuk pertama kalinya di panggung seperti ini, di depan kerumunan fans ini, melawan lawan. Luar biasa. Saya menyukainya - saya suka di tiap menit laganya," tutur Klopp.

"Jika Anda ingin menjadi pemain Liverpool, Anda harus menghormati prinsip-prinsip klub ini. Kami tidak selalu bisa memainkan sepak bola terbaik di dunia tetapi kami bisa bertarung seperti orang lain. Dan selama kami menggunakan prinsip kami, kami akan menjadi lawan yang sulit untuk dilawan."

5. Premier League 2019-2020

Carlo Ancelotti dan Jurgen Klopp

Berlangsung pada 22 Juni 2020 ketika pandemi virus corona mewabah dan pertandingan liga berlangsung kembali setelah sempat ditunda. Tidak ada gol yang terjadi di Goodison Park jelang akhir musim 2019-2020 kala Liverpool pada akhirnya menjadi juara liga untuk kali pertama sejak 1990.

Liverpool mendominasi permainan hingga 71 persen penguasaan bola, melepaskan 10 tendangan dan tiga tepat sasaran, sedangkan Everton tiga tepat sasaran dari delapan percobaan. Akan tapi pada akhirnya tak ada yang mampu mencetak gol. Alhasil dengan pertemuan terakhir kedua manajer hasilnya adalah: Klopp tiga kali menang, Ancelotti tiga kali menang, dan dua laga berakhir imbang.