BolaSkor.com - Final Piala FA 2021-2022 akan berlangsung akhir pekan ini di Wembley, pada Sabtu (14/05) pukul 22.45 WIB. Chelsea akan menghadapi Liverpool yang berambisi meraih quadruple (empat) titel musim ini.

Piala FA bagi Chelsea merupakan satu-satunya agar dapat mengakhiri musim dengan baik, setelah gagal mempertahankan titel Liga Champions namun berhasil memenangi titel Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Apalagi Chelsea dalam sorotan dengan kedalaman skuad yang bagus tapi gagal bersaing di Premier League, melawan Liverpool dan Man City. Sementara bagi Liverpool Piala FA adalah jalan menuju quadruple setelah menjuarai Piala Liga, serta bersaing di Liga Champions dan Premier League.

Berbicara mengenai pertemuan Liverpool dan Chelsea, tak lepas dari figur pelatih di kedua klub yakni Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp. Keduanya masuk kategori sukses dengan klubnya masing-masing dari segi raihan trofi.

Baca Juga:

Posisi Thomas Tuchel di Chelsea Tidak Aman

Figur di Balik Konsorsium yang Mengakuisisi Chelsea

Pep Guardiola: Semua Orang dan Media di Inggris Dukung Liverpool Juara Premier League

Tuchel bahkan baru melatih Chelsea sejak Januari 2021, sementara Klopp lebih lama melatih Liverpool sejak 2015. Membandingkan rekor keduanya cukup menarik untuk dibahas. Berikut head to head Klopp dan Tuchel dikutip dari PA News Agency.

Gaya Kepelatihan

Klopp dan Tuchel murid-murid dari gegenpressing yang awalnya dicetuskan oleh Ralf Rangnick. Klopp menggabungkan gaya bermain yang intens dengan pressing tinggi untuk memenangi bola, penguasaan bola, lalu kemudian melancarkan serangan balik cepat.

Itu juga dikombinasikan dengan penguasaan bola sejak Thiago Alcantara datang ke Liverpool. Sementara Tuchel lebih menitikberatkan kepada penguasaan bola, celah di pertahanan lawan, serta serangan dari sayap dalam taktik tiga bek andalannya.

Pertemuan di Masa Lalu

Pertemuan pertama keduanya terjadi pada 2009 ketika Tuchel, yang masih melatih Mainz, bermain imbang tanpa gol kontra Borussia Dortmund-nya Klopp. Klopp dengan Dortmund memenangi tujuh dari 10 pertemuan melawan Tuchel di Jerman.

Situasi itu berubah karena Liverpool arahan Klopp tak dapat menang lawan Chelsea di tiga pertemuan selama setahun terakhir. Tapi jelang final Piala Liga pada Februari lalu, tim Klopp masih lebih unggul dengan sembilan kemenangan dari 17 pertemuan, dengan Chelsea hanya menang tiga kali.

Final Piala Liga tak juga menghasilkan pemenang karena laga berakhir imbang dan Liverpool menang 11-10 via drama adu penalti.

Trofi

Keberhasilan Liverpool memenangi Piala Liga menempatkan kedua manajer selevel dari segi raihan trofi sepanjang karier, 10 trofi. Klopp memenangi Bundesliga dua kali, DFB Pokal, dan Piala Super DFL dua kali kala melatih Dortmund.

Itu ditambahkan dengan titel Premier League, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Liga saat melatih Liverpool.

Tuchel sementara itu memenangi DFB Pokal pada 2017 dengan Dortmund, serta memenangi enam trofi dengan PSG. Dalam waktu singkat di Chelsea Tuchel memenangi Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.