BolaSkor.com - Jatuhnya ratusan korban jiwa pasca laga Arema FC kontra Persebaya pada ajang Liga 1 2022-2023 turut mendapatkan perhatian UEFA. Konfederasi sepak bola Eropa itu memerintahkan adanya hening cipta dalam setiap pertandingan.

Seperti diketahui, laga klasik bertajuk Derby Jatim di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10) berakhir tragis. Ratusan penonton yang memadati venue harus meregang nyawa tak lama selepas pertandingan usai.

Keputusan aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk meredam perilaku suporter yang turun ke lapangan justru berakibat fatal. Situasinya justru menjadi semakin tidak terkendali hingga banyak orang yang terjepit karena berdesak-desakan keluar stadion.

Baca Juga:

Ketua Panpel dan Security Officer Arema FC Disanksi Seumur Hidup Imbas Tragedi Kanjuruhan

Duka Kanjuruhan adalah Duka Dunia

Arema FC Tak Akan Ajukan Banding Atas Sanksi Komdis PSSI

Suporter Arema FC merangsek ke dalam lapangan usai pertandingan kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10). (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

Sejauh ini, data terkait korban yang meninggal dunia belum bisa dipastikan. Namun jumlahnya yang telah menyentuh angka ratusan membuat dunia terkejut.

Setelah sederet klub dan pesepak bola top Eropa mengungkapkan rasa simpatinya, UEFA juga tak mau ketinggalan. Seluruh pertandingan di bawah naungan mereka termasuk Liga Champions akan diawali dengan prosesi mengheningkan cipta.

"UEFA hari ini mengumumkan bahwa mengheningkan cipta akan diadakan sebelum kick-off untuk mengenang para korban peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia," demikian bunyi pernyataan resmi UEFA.

"Momen hening akan berlangsung di semua pertandingan UEFA minggu ini (Liga Champions, Liga Europa, Conference League, dan play-off Piala Dunia Wanita)."

Prosesi mengheningkan cipta sebelumnya lebih dulu dilakukan sejumlah liga-liga domestik seperti LaLiga. Pep Guardiola dan Erik ten Hag juga turut mendoakan para korban usai melakoni Derby Manchester.