BolaSkor.com - Drama 11 gol terjadi di laga kedua penyisihan grup A Piala Asia U-19 2018 antara Timnas Indonesia U-19 kontra Qatar U-19. Berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Indonesia kalah dengan skor telak 5-6.

Kendati kalah, perjuangan Garuda Nusantara di depan fans patut diacungi jempol karena mereka sempat bangkit dari ketertinggalan 1-5 dan mengejarnya hingga skor 5-6. Sayangnya, di sisa waktu tambahan, Indonesia tak mampu lagi mencetak satu gol yang dapat berujung satu poin krusial.

Enam gol Qatar dicetak oleh hat-trick Abdulrasheed Umaru, dua gol Hashim Ali, dan Mohammed Waad. Sementara lima gol Indonesia dilesakkan hat-trick Rivaldo Todd Ferre, Luthfi Kamal, dan Saddil Ramdani.

Kekalahan tersebut tidak mematikan peluang Indonesia untuk lolos ke perempat final. Secara matematis, Indonesia masih dapat mewujudkannya meski terbilang berat melawan Uni Emirat Arab (UEA) di laga terakhir grup A pada 24 Oktober nanti.

UEA merupakan pemuncak klasemen dengan perolehan enam poin, diikuti Qatar dan Indonesia yang sama-sama meraih tiga poin, serta Taiwan di posisi akhir (tanpa poin). Qatar dan Indonesia saat ini hanya dipisahkan oleh selisih gol. Qatar unggul head to head atas Indonesia.

Pada laga terakhir, Indonesia akan melawan UEA dan Qatar 'hanya' melawan Taiwan di laga yang tak lagi menentukan untuk Taiwan. Lantas, bagaimana hitungan matematis untuk Indonesia agar bisa lolos ke perempat final?

Skenario Pertama

Indonesia dan Qatar sama-sama meraih kemenangan. Kedua tim jadi memiliki perolehan enam poin yang sama dengan UEA dan dua tim yang lolos ditentukan oleh selisih gol.

Jadi, kemenangan Indonesia juga harus dibarengi dengan jumlah gol yang banyak ke gawang UEA. Saat ini, selisih golnya +8 gol untuk UEA, nol untuk Qatar, dan +1 untuk Indonesia.

Skenario Kedua

Qatar secara mengejutkan kalah dari Taiwan dan Indonesia hanya perlu bermain imbang melawan UEA. Situasi ini jelas paling diharapkan terjadi oleh Indonesia. Jika situasi tersebut terjadi, maka klasemennya seperti ini: UEA (tujuh poin), Indonesia (empat poin), Taiwan (tiga poin), Qatar (tiga poin).

Skenario Ketiga

Andai Qatar diimbangi oleh Taiwan, maka Indonesia wajib meraih kemenangan melawan UEA karena mereka akan kalah head to head jika meraih hasil imbang. Klasemennya jika situasi itu terjadi adalah seperti ini: Indonesia (enam poin), UEA (enam poin), Qatar (empat poin), Taiwan (satu poin).

Intinya dari tiga skenario itu, Indonesia hanya perlu fokus meraih kemenangan dengan jumlah gol sebanyak mungkin kontra UEA, baru setelah laga berakhir bagaimana situasi terjadi bisa dilihat lagi. Selamat berjuang, Garuda Nusantara.