Hokky Caraka sampai Marselino Ferdinan Tumpahkan Kekecewaan Usai FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 30 Maret 2023
Hokky Caraka sampai Marselino Ferdinan Tumpahkan Kekecewaan Usai FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia
Para pemain Timnas Indonesia U-20 tertunduk lesu setelah FIFA membatalkan ajang Piala Dunia U-20 di Tanah Air. (Instagram.com/pssi)

BolaSkor.com - Sejumlah pilar Timnas Indonesia U-20 menumpahkan kekecewaan mereka atas dibatalkannya ajang Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Asa dan mimpi mereka berlaga di turnamen terbesar kedua FIFA itu kini pupus.

Hokky Caraka, penyerang andalan Timnas Indonesia U-20, menceritakan bagaimana pengorbanan dia dan rekan-rekannya selama lebih dari satu tahun terakhir menggelar persiapan.

"Kami kecewa tentang gagalnya Pildun (Piala Dunia) U-20. Jangan kalian bilang 'halah pildun doang hasil give away', walau pun hasil give away atau apa pun yang kalian sebut, kita juga latihan mati-matian, sehari 3-4 kali. Bagaimana capenya, bagaimana beratnya, kalian belum pernah merasakan. Sekarang sudah seperti ini. Siapa yang mau disalahkan. Bangun. Kalian hanya mimpi," tulis Hokky Caraka lewat fitur Instagram stories di akun @hokkycaraka_.

Hokky juga harus mengubur mimpinya unjuk gigi menghadapi calon pemain-pemain bintang dari negara-negara peserta Piala Dunia U-20. Ajang tersebut kerap melahirkan nama-nama besar, mulai dari Diego Maradona, Paul Pogba, Lionel Messi, sampai Erling Haaland.

"Salah satu goals (tujuan) kehidupanku: membanggakan orang tuaku (dengan) mencetak gol di Piala Dunia U-20 dan di depan orang tuaku," ungkapnya.

Sementara itu, Marselino Ferdinan, mengunggah sebuah video dengan backsound Ibu Pertiwi. Dalam unggahannya itu, Marselino menuliskan caption yang menyayat hati.

"Kami kehilangan impian besar. Ini bukan tentang saya, ini tentang mimpi teman-teman saya," tulisnya.

Baca Juga:

FIFA Cabut Status Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Kata Erick Thohir Usai FIFA Cabut Status Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia

FIFA Tegaskan Ada Potensi Sanksi untuk PSSI

Kemudian kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri, me-repost postingan dari rekan setimnya, Rabbani Tasnim. Rabbani menyebut bahwa mimpi besar skuat Timnas Indonesia U-20 telah dihancurkan.

"Terima kasih, puaskah kalian telah menghancurkan salah satu mimpi besar kami. Entah pengorbanan apa saja yang sudah kami lakukan untuk negara demi ajang ini. Tenaga, waktu, pikiran, keringat bahkan darah sudah kami kerahkan, tapi sekejap saja gagal karena alasan politik bapak-bapak di atas."

"Sungguh kami kecewa, pak. Kami tahu ini bukan akhir dari segalanya, tapi sekali lagi, ini mimpi besar kami yang sudah kalian hancurkan," ungkap Rabbani yang direspons dengan emoticon wajah sedih oleh Ferarri.

FIFA resmi membatalkan ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. FIFA tak secara jelas mengungkapkan alasan mengapa membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Namun, sebelumnya ada isu kencang yang menghiasi Piala Dunia U-20 2023 dengan adanya penolakan terhadap kehadiran timnas Israel U-20 yang dilakukan oleh sejumlah partai politik, organisasi masyarakat (ormas), sampai kepala daerah, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Kosten.

Upaya yang dilakukan Presiden Joko Widodo dengan mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir ke Qatar untuk menemui Presiden FIFA, Gianni Infantino, tidak berbuah hasil. Badan tertinggi sepak bola dunia itu tetap kukuh pada keputusannya.

Timnas indonesia u-20 Muhammad Ferarri Marselino ferdinan Pssi Fifa Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.287

Bagikan