I Putu Gede Diperkirakan Jadi Pelatih Sementara Arema FC

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 10 Februari 2023
I Putu Gede Diperkirakan Jadi Pelatih Sementara Arema FC
I Putu Gede memimpin latihan Arema FC jelang laga kontra RANS Nusantara. (Media Arema FC)

BolaSkor.com - Keberadaan I Putu Gede sebagai pelatih baru Arema FC menimbulkan pertanyaan baru, terkait lisensi kepelatihannya. Pengganti Javier Roca itu tercatat masih mengantongi lisensi kepelatihan AFC A.

Padahal, Regulasi Liga 1 menerangkan secara jelas tentang pelatih yang sesuai kriteria. Pasal 33 tentang dokumen pendaftaran ofisial. Ayat 2 poin d membeberkan, bahwa "pelatih kepala sekurang-kurangnya sertifikat AFC Pro, UEFA Pro atau yang setara yang mendapatkan pengakuan dari AFC yang dibuktikan dengan dokumen RECC (Recognition of Experience and Current Competence)".

Asumsi ini pun membuat I Putu Gede ditengarai menjabat pelatih Arema FC untuk sementara waktu. Apalagi, klub Singo Edan sebelumnya juga tidak menjelaskan lebih detail terkait jabatan yang dipegang I Putu Gede.

Baca Juga:

Terungkap, Ini Alasan Fabio Lefundes Sempat Ingin Mundur dari Madura United

Persik Seharusnya BIsa Curi Poin dari PSS Sleman, Divaldo Alves Beri Penjelasan

"Kita mendapatkan banyak masukan yang menjadi pertimbangan. Dipilihlah opsi untuk memasukkan I Putu Gede masuk ke dalam jajaran tim Pelatih Arema FC," bilang Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia, Tatang Dwi Arifianto Selasa (7/2).

Pernyataan itu pun membuat I Putu Gede berposisi setara dengan asisten pelatih seperti Singgih Pitono, Siswantoro, Kuncoro hingga FX Yanuar Wahyu jika asumsinya lisensi AFC A. Jika benar demikian, maka Arema FC masih wajib mencari pelatih baru.

Lantaran Regulasi Liga 1 Pasal 33 ayat 11 menyebut, "klub juga diwajibkan untuk melakukan penetapan dan pendaftaran pelatih kepala yang baru selambat-lambatnya 30 hari setelah PSSI dan LIB menerima surat pemberitahuan pengakhiran kontrak pelatih kepala yang lama". (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi)

I putu gede Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan