BolaSkor.comPSIS Semarang resmi merekrut Ian Andrew Gillan sebagai pelatih kepala untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2021/2022. Ian Andrew Gillan merupakan pelatih berkewarganegaraan Australia dan Skotlandia yang memiliki lisensi kepelatihan AFC Pro.

Bergabungnya Ian Andrew Gillan sebagai pelatih kepala PSIS diharapkan mampu mengangkat prestasi tim dan melakukan proses development tim untuk mengorbitkan pemain muda.

Terlebih dari pengalaman yang dimiliki Ian Andrew Gillan sebelumnya, dia pernah menangani beberapa klub kasta tertinggi di beberapa kasta tertinggi sepak bola Asia seperti Liga Malaysia dan Liga Filipina.

“Setelah melalui proses yang cukup panjang untuk menyeleksi calon pelatih, kami dari manajemen memutuskan untuk menunjuk coach Ian Andrew Gillan sebagai headcoach PSIS untuk Liga 1,” kata CEO PSIS, Yoyok Sukawi, Jumat (17/9).

Baca Juga:

Makna di Balik Jersey Ketiga Persib Bandung

Gelandang Bali United Tak Lupa Jasa Pelatih Persib

Coach Ian Andrew memiliki pengalaman yang cukup banyak. Beliau diharapkan dapat mengorbitkan pemain muda PSIS lebih bersinar di kancah kompetisi resmi karena pengalaman beliau. Apalagi tahun ini PSIS banyak dihuni pemain muda dan mampu membawa PSIS berprestasi di kompetisi tahun ini,” tambahnya.

Yoyok juga menjelaskan bahwa saat ini manajemen terus berusaha untuk mendatangkan Ian Andrew ke Indonesia supaya segera bisa bergabung bersama dengan tim.

Coach Ian Andrew kami perkenalkan terlebih dahulu sambil kami terus mengurus proses kedatangannya. Untuk registrasi di kompetisi juga sudah aman karena coach Ian Andrew sudah kami daftarkan. Semoga proses administrasinya segera beres supaya segera merapat ke Indonesia,” tandas Yoyok.

Ian Andrew Gillan sebelum ditunjuk menjadi pelatih PSIS pernah meracik Kedah FA Malaysia pada tahun 2020. Sebelumnya ia juga pernah menjadi pelatih kepala Sarawak FA Liga Malaysia pada tahun 2018-2019 dan menjadi pelatih kepala Ilocos United di Liga Filipina pada tahun 2017.

Sebelum itu, Ian Andrew pernah menjadi direktur teknik Kedah FA Malaysia pada tahun 2015 setelah di tahun 2014 menjadi asisten pelatih tim senior. Tak hanya itu saja, di tahun 2010-2013, Ian Andrew juga pernah menjadi staff pelatih di Perth Glory FC, Australia. (Laporan Kontributor Ahmad Rizal/Semarang)