Legenda Arsenal: Tidak Alasan untuk Mempertahankan Arsene Wenger

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 27 Februari 2018
Legenda Arsenal: Tidak Alasan untuk Mempertahankan Arsene Wenger
Arsene Wenger seharusnya dipecat oleh Arsenal (Catherine Ivill - Getty Images)

BolaSkor.com - Kekalahan Arsenal dari Manchester City di final Piala Liga seakan menjadi klimaks dari segala permasalahan. Kekalahan 0-3 yang diderita The Gunners di Wembley Stadium menjadi akumulasi problematika klub selama bertahun-tahun.

Akar masalahnya tentu saja Arsene Wenger. Terlepas dari dedikasi serta warisan besar dalam sejarah sepak bola Arsenal yang ditinggalkan manajer asal Prancis berusia 68 tahun itu, Wenger sudah terlalu lama menetap di Arsenal. Selama 22 tahun, Arsenal pernah meraih kesuksesan besar, lalu kemudian menurun dan tertinggal dibanding tim lain.

Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari kekalahan Arsenal atas Man City adalah: masalah lama yang terulang kembali, pemain tidak memiliki rasa lapar, tekad, dan determinasi untuk bertarung memenangi laga, serta pertahanan yang rapuh. Jika ditelisik lebih mendalam lagi, maka masalah Arsenal terletak pada petinggi klub yang masih mempertahankan Wenger.

Para pengamat sepak bola dan legenda Arsenal sudah sama-sama prihatin melihat kondisi mantan klubnya itu. Mereka tidak kenal lelah mengkritisi Wenger, seperti halnya fans Arsenal. Salah satu yang vokal angkat bicara adalah Ian Wright.

Legenda Arsenal yang bermain pada periode 1991-1998 menilai, tidak alasan lagi bagi klub untuk mempertahankan Wenger. Arsenal sudah enam kali kalah dari 12 laga di tahun ini. "Ada alasan dari Wenger dan dia menghancurkan tim. Entah dia bertahan atau tidak di akhir musim, saya tidak melihat alasan (Wenger bertahan). Saya tidak yakin. Kesemenjanaan ini harus diakhiri," cetus Wright, diberitakan BBC Sport, Selasa (27/2).

Lebih lanjut, Wright menilai Stan Kroenke, pemegang saham terbesar Arsenal, harus lebih turun berpatisipasi melihat adanya masalah pada klub yang sudah memenangi 13 titel Premier League (termasuk kala masih berformat First Division).

"Pemilik harus disalahkan atas semua ini. Kroenke tidak peduli. Jika dia peduli, Wenger tak seharusnya dikontrak selama dua tahun. Semuanya sudah cukup melihat satu poin di mana Wenger harus pergi. Pemilik klub harus ada di sana, mengetahui apa yang terjadi, tahu bagaimana klub bekerja, dan mendengarkan keluhan fans," tambah Wright.

Terakhir, jika benar Wenger meninggalkan pekerjaan di klub yang sudah dilatihnya sejak 1996 itu, maka Arsenal harus mencari manajer muda dengan antusiasme tinggi seperti Mauricio Pochettino atau Marco Silva.

Breaking News Arsenal Arsene Wenger Ian Wright Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan