BolaSkor.com - Direktur Utama IBL, Junas Mirardiarsyah, berharap kompetisi bisa dilanjutkan pada September 2020. Menurutnya, sulit menggelar lanjutan IBL apabila lewat dari bulan tersebut.

IBL melakukan penangguhan kompetisi musim 2020 sejak beberapa pekan lalu. Penyebaran virus corona di Indonesia yang semakin tidak terkendali menjadi alasan.

Hingga berita ini ditulis, lebih dari 3000 penduduk Indonesia terjangkit virus corona. Dari jumlah tersebut, hampir 300 di antaranya meninggal dunia.

Alhasil, kelanjutan kompetisi IBL pun sempat diragukan. Apalagi, liga voli tertinggi di Indonesia, Proliga, sudah membatalkan ajang tersebut. Namun, Junas menyatakan pihaknya masih mengusahakan kelanjutan IBL.

Baca Juga:

Tips Social Distancing: Manfaatkan Barang untuk Berolahraga

Rapper Drake Buat Penghormatan untuk Kenang Kobe Bryant

“Rencana semula melanjutkan kompetisi pada akhir Juni. Melihat perkembangan saat ini, rasanya tak mungkin diwujudkan. Apabila situasi sudah memungkinkan, akan dilanjutkan langsung ke playoff pada awal September,” ujar Junas.

“Hal ini tetap melihat perkembangan, terutama pada Juni nanti. Karena kelanjutan musim memerlukan waktu kesiapan seperti persiapan latihan klub, mendatangkan, dan pengurusan pemain asing kembali, dan faktor operasional lainnya.”

“Jika situasi masih tidak memungkinkan sampai dengan waktu tersebut, maka kompetisi IBL 2020 kemungkinan tidak dapat dilanjutkan. Perempat final dan semiffinal akan menggunakan sistem knock out. Sementara ffinal akan berlangsung dengan format best of three,” lanjutnya.

Pada playoff IBL 2020, peringkat 5 hingga 9 akan berhadapan sementara peringkat 1 hingga empat menunggu di perempat final. Nantinya peringkat 1 akan melawan peringkat 4 playoff, peringkat dua melawan peringkat tiga playoff, dan seterusnya.