BolaSkor.com - Tim nasional basket Indonesia baru saja mencetak sejarah pada SEA Games 2021 Vietnam. Untuk pertama kalinya tim Garuda berhasil merebut medali emas pada ajang dua tahunan tersebut.

Sejak 1977, prestasi terbaik tim nasional basket Indonesia hanyalah medali perak di SEA Games. Ajang antar negara Asia Tenggara itu selalu didominasi Filipina untuk cabang olahraga basket.

Bukan tanpa alasan mengapa Filipina bisa menjadi raja basket Asia Tenggara. Di Filipina basket sudah menjadi budaya masyarakat.

Di setiap sudut Manila, lapangan basket adalah hal jamak ditemui. Situasi itu yang ingin dibuat di Indonesia lewat program IBL Playground.

Baca Juga:

Pekerjaan Rumah Dewa United Surabaya Masih Menumpuk

Berangkat dengan Percaya Diri, Pulang Bawa Medali

Penggawa Satria Muda Pertamina Jakarta, Sandy Ibrahim, menyambut positif program IBL Playground. Pemain tim nasional 3x3 Indonesia itu ingin basket bisa menjadi bagian dari masyarakat juga.

“Menurut saya ini menjadi langkah awal menjadikan basket jadi olahraga yang disukai dan dikenal masyarakat,” ujar Sandy.

“Karena culture basket di Indonesia belum terlalu kental dibandingkan dengan Filipina yang menjadikan olahraga basket adalah kesukaan masyarakat pada umumnya,” imbuhnya.

Sandy menilai IBL Playground bisa menjadi momentum bangkitnya basket Indonesia. Terlebih tim nasional basket putra Indonesia baru saja meraih medali emas SEA Games 2021.

“Saat ini minat bermain basket di Indonesia sedang tinggi karena euforia SEA Games kemarin. Jadi dengan hadirnya lapangan yang semakin baik, maka basket kita bisa semakin berkembang,” ujar Sandy.

Kampanye IBL Playground rencananya dimulai pada 6 Juni pada 11 Juli 2021. Para penggila basket di Indonesia bisa ikut serta dengan memilih lima lapangan di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, dan Yogyakarta dengan cara posting foto lapangan dengan sertakan lokasi di akun Instagram anda Gunakan tagar #IBLPlayground #IBLCares